Jalur KA Solo-Gundih di Sragen Kebanjiran, Jadwal 3 KA Terlambat

Gara-gara jalur KA di Sumberlawang, Sragen kebanjiran, pada Sabtu (13/8/2022) petang, jadwal sejumlah kereta mengalami keterlambatan.

 Sebuah KA Brantas berhenti di tengah jalur KA Solo-Gundih lantaran ada genangan air di km 93+4/6 petak jalan Kalioso-Salem, Kalijambe, Sragen, Sabtu (13/8/2022) sore. (Istimewa/Sukino)

SOLOPOS.COM - Sebuah KA Brantas berhenti di tengah jalur KA Solo-Gundih lantaran ada genangan air di km 93+4/6 petak jalan Kalioso-Salem, Kalijambe, Sragen, Sabtu (13/8/2022) sore. (Istimewa/Sukino)

Solopos.com, SRAGEN — Hujan deras yang mengguyur wilayah Kalioso, Kalijambe, hingga Gemolong di Kabupaten Sragen mengakibatkan banjir di jalur kereta api (KA) Solo-Gundih, Grobogan, Sabtu (13/8/2022) sore. Banjir disebabkan luapan dari saluran drainase yang tak mampu menampung air hujan.

Akibatnya laju KA berjalan lambat untuk menghindari kecelakaan. Bahkan KA Brantas mengalami pemberhentian luar biasa di km 93+4/6 petak jalan Kalioso-Salem pada sekitar pukul 17.22 WIB.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Manager Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta, Supriyanto, pada pukul 17.15 WIB menerima laporan dari petugas di Stasiun Sumberlawang bahwa ada genangan air di jalur KA. Tepatnya di km 93+4/6 petak Jalan Kalioso-Salem. Genangan air itu disebabkan imbas dari hujan deras yang mengguyur seputaran Kalijambe, Sragen.

“Kemudian pada pukul 17.22 WIB, KA Brantas atau KA 109 berhenti luar biasa di Stasiun Kalioso untuk menerima pemberitahuan tersebut. Selanjutnya KA Brantas melanjutkan perjalanan dengan kecepatan hanya 5 km/jam untuk melewati jalur yang tergenang air itu. Tim PT KAI masih memantau dan melakukan pengamanan di lokasi tersebut,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com.

Baca Juga: Asyik! Kemenhub akan Bangun Jalur Lintas KA Solo-Wonogiri

Akibat banjir itu sejumlah KA penumpang mengalami keterlambatan. Supriyanto menyebut KA Brantas terlambat 23 menit dari jadwal; KA Joglosemarkerto (KA 191) terlambat 12 menit; dan KA Joglosemarkerto (KA 196) terlambat 70 menit.

Hingga Sabtu malam, Tim KAI masih memantau dan memperkuat kondisi di jalur tersebut agar KA bisa berjalan dengan kecepatan normal.

“Saat melewati genangan KA Brantas sempat berhenti sebentar di tengah jalur KA untuk memastikan jalurnya aman. Setelah itu berjalan pelan dengan kecepatan 5 km per jam. Kami akan melakukan penguatan fondasi di lokasi supaya saluran air lancar sehingga tidak menggenangi jalur KA,” ujarnya.

Baca Juga: Diuji Coba, Ini Kegunaan Detour Track di Simpang Joglo Solo

Seorang warga di sekitar lokasi banjir, Sukino, mengatakan tadi sore ada KA yang berhenti di jalur KA di wilayah Kalioso, Kalijambe, karena air selokan meluap saat hujan deras. Di wilayah tersebut selalu terjadi banjir begitu hujan deras turun.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      IDI Boyolali Sumbang Dana ke Korban Gempa di Cianjur, Terkumpul Rp41,5 Juta

      Bantuan berupa uang dari semua IDI cabang dipusatkan di masing-masing IDI wilayah sebelum dikirimkan ke Cianjur, Jawa Barat.

      Kronologi Kecelakaan di Sambungmacan Sragen, Sepeda Motor Bentur Bak Truk

      Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen, Ismail Joko Sutresno mengatakan korban meninggal dunia dengan kondisi parah.

      Panti Sehat Mujarob, Berawal Kelilingan, Kini Kantongi Izin Resmi Pemerintah,

      Mujianto menekuni sebagai penyehat tradisional untuk membantu kesembuhan para pasiennya. Ia tidak mematok rupiah atas pelayanannya, para pasien bebas membayar jasa layanan sekihlasnya.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 30 November 2022, Dominan Berawan

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Rabu (30/11/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Boyolali Hanya Berawan Sepanjang Hari Ini, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi berawan sepanjang hari, Rabu (30/11/2022).

      Aman! Sukoharjo Hanya Berawan Hari Rabu Ini, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Rabu (30/11/2022).

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 30 November 2022, Berawan Tanpa Hujan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Rabu (30/11/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Rabu Ini: Berawan dari Pagi hingga Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Rabu 30 November 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Rabu Ini: Stabil Berawan Sepanjang Hari

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Rabu 30 November 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Beda dengan Para Pekerja, Apindo Boyolali Usul UMK 2023 Hanya Tambah Rp42.000

      Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Boyolali mengusulkan kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) Boyolali sekitar Rp42.000 pada 2023.

      Tilang Digital Berlaku, 11 Wilayah di Sukoharjo Ini Dipantau Kamera ETLE

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho mengatakan ketika masyarakat melanggar lalu lintas dan terdeteksi melalui ETLE, bukti pelanggaran direkam dan dikirimkan ke alamat pelanggar.

      Penampakan Kursi Gaming "Sultan" Seharga Rp300 Juta di Game Working Space Solo

      Penampakan kursi gaming kelas sultan dengan harga lebih dari Rp300 juta di Game Working Space yang diresmikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Solo Technopark (STP), Solo, Selasa (29/11/2022) pagi.

      Polemik Pemilihan Kadus Dalangan Sukoharjo: Camat Tolak Usulan Kepala Desa

      Rekomendasi usulan dua calon kepala dusun (Cakadus) II Desa Dalangan, Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, yang disampaikan Kepala Desa Dalangan tidak disetujui oleh Camat Tawangsari.

      Breaking News, 1 Orang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan di Sambungmacan Sragen

      Kecelakaan maut yang merenggut satu korban jiwa terjadi jalan Sragen-Ngawi, tepatnya di Dukuh Tunjungsemi, Desa Bedoro, Sambungmacan, Sragen, Selasa (29/11/2022) malam.

      Jelang Nataru, Satpol PP Sukoharjo Musnahkan Ribuan Liter Miras

      Ribuan liter minuman keras (miras) dimusnahkan menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Selasa (29/11/2022).