SOLOPOS.COM - Sebuah truk melintas di jalan di Kecamatan Kemalang, Klaten Senin (10/9/2012). Jalan tersebut rusak parah, padahal jalan tersebut merupakan jalur evakuasi korban bencana Merapi. ( Arief Setiadi/JIBI/SOLOPOS)


Sebuah truk melintasi jalan di Kecamatan Kemalang, Klaten Senin (10/9/2012). Jalan tersebut rusak parah, padahal jalan tersebut merupakan jalur evakuasi korban bencana Merapi. (Arief Setiadi/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN–Jalur evakuasi bencana Merapi yang berada di wilayah Kecamatan Kemalang, Klaten kondisinya sangat memprihatinkan. Pada jalan tersebut banyak sekali lubang berukuran besar dan  aspal jalan juga mulai mengelupas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tidak hanya di jalan kecamatan, rusaknya jalur evakuasi juga terjadi di jalan lintas desa. Seperti di wilayah Sidorejo. Padahal Sidorejo merupakan salah satu desa terdekat dari puncak Merapi Kabupaten Klaten.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah seorang warga Sidorejo, Parnu, 23, mengatakan, jalan rusak itu sudah menjadi pemandangan utama yang ada di desanya. Kondisi itu menurutnya sudah terjadi bertahun-tahun, dan hanya sedikit perbaikan yang dilakukan. Ia berharap seluruh jalan yang menjadi jalur evakuasi diperbaiki, entah itu di jalan kecamatan maupun desa.

“Kita takut kalau terjadi apa-apa lagi, jadi kami mohon agar jalan segera diperbaiki,” katanya saat ditemui Solopos.com, di kediamannya awal pekan kemarin.

Keinginan serupa juga dikatana oleh salah seorang Anggota Search And Rescue (SAR) Kabupaten Klaten, Pandu Wirabangsa. Perbaikan itu menurut Pandu, menjadi kebutuhan yang sangat mendesak karena jika Merapi kembali bergejolak maka warga akan lebih mudah untuk menyelamatkan diri melalui jalur evakuasi yang ada.

Dirinya juga mengatakan jika jalur evakuasi diperbaiki, hal itu akan mengurangi jatuhnya korban jiwa saat erupsi berlangsung. Selain itu relawan ataupun mobil-mobil bantuan akan mudah menjangkau lokasi tanpa terhalang jalan rusak.  “Lebih cepat diperbaiki akan lebih baik karena orang tidak akan tahu kapan erupsi merapi kembali terjadi, itu semua demi keamanan bersama.

Sementara itu terpisah, Camat Kemalang, Bambang Haryoko, mengatakan jalur evakuasi tersebut saat ini telah menjadi tanggung jawab Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten. Menurutnya, saat ini jalur evakuasi itu sudah ada rencana untuk perbaikan. Namun dirinya tidak mengetahui kapan pelaksanaan perbaikan itu dimulai. “Itu sudah ada rencana untuk perbaikan, saya juga berharap agar itu segera dilakukan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya