Jalur Evakuasi Lereng Merapi di Klaten Segera Diperbaiki
Kondisi ruas jalan di wilayah Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang rusak parah. Foto diambil Selasa (26/1/2021). (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN – Sejumlah ruas jalur evakuasi di lereng Gunung Merapi bakal diperbaiki tahun ini. Perbaikan terutama dilakukan pada jalur evakuasi di sisi timur.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Suryanta, mengatakan perbaikan jalur evakuasi untuk melanjutkan perbaikan jalan di sisi barat. Tahun ini, perbaikan jalur evakuasi dengan betonisasi jalan dilakukan pada ruas jalan Surowono-Tegalmulyo dan Surowono-Jatirajek.

Pagu anggaran untuk perbaikan ruas Surowono-Tegalmulyo Rp14 miliar dan Surowono-Jatirajek Rp16 miliar. Pagu anggaran bersumber dari provinsi. “Untuk ruas Tegalmulyo-Surowono diperkirakan mulai dikerjakan Februari 2021. Untuk Surowono-Jatirajek masih verifikasi RKU di provinsi,” kata Suryanta saat berbincang dengan Solopos.com, di Kecamatan Cawas pekan lalu.

Baca Juga: Gunung Merapi Erupsi Siang Ini, Abu Vulkanik Mengarah ke Magelang

Suryanta menjelaskan perbaikan jalan itu untuk melanjutkan kegiatan perbaikan jalan sebelumnya. Total ruas jalan yang direncanakan dibetonisasi pada jalur evakuasi sisi barat Tegalmulyo-Surowono-Jatirajek mencapai 6 km. “Sudah dikerjakan 1,5 km tinggal 4,5 km. Iya, nanti perbaikan sampai di depan balai Desa Tegalmulyo,” kata dia.

Disinggung ruas jalur evakuasi sisi tengah atau di wilayah menuju ke Deles Indah, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Suryanta mengatakan ada kegiatan perbaikan namun bersifat pemeliharaan atau penambalan ruas jalan rusak. “Ruas Deles itu nanti kami pelihara karena tidak ada kegiatan peningkatan jalan. kami tambal karena masih ada beberapa ratus meter yang [perbaikannya] belum sampai ke Deles,” jelas dia.

Anggaran Belum Pasti

Hanya, Suryanta belum bisa memastikan alokasi anggaran yang disiapkan untuk kegiatan penambalan jalan tersebut. “Kami belum sampai detail untuk kegiatan pemeliharaan. Total dana pemeliharaan sekitar Rp14 miliar dan itu digunakan untuk seluruh Kabupaten Klaten,” kata dia.

Baca Juga: Hujan Deras dan Angin, Rumah Janda Tua di Bulu Sukoharjo Ambruk

Belum lama ini ruas jalur evakuasi di wilayah Sidorejo sudah diperbaiki dengan kegiatan penambalan jalan hingga ke ruas jalan di sekitar kantor desa. Namun, beberapa lokasi jalan yang ditambal kembali rusak salah satunya lantaran banyaknya truk yang masih melintas.

Kadus II Desa Sidorejo, Yahono, mengatakan belum lama ini ruas jalur evakuasi utama di Desa Sidorejo yang mengalami kerusakan parah berada di wilayah Deles Indah. Ruas jalur tersebut belum diperbaiki hingga kini. “Kalau bisa perbaikan dilakukan dengan betonisasi jalan agar jalannya juga awet,” kata dia.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom