SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Solopos.com, SOLO — Lebaran 2022 terasa istimewa, setelah dua tahun tidak diperbolehkan mudik kini pemerintah memperbolehkan masyarakat mudik Lebaran 2022. Kebijakan ini dikeluarkan seiring terkendalinya kasus Covid-19.

Tentu ini kabar gembira bagi masyarakat yang kangen berkumpul bersama keluarga di saat Lebaran. Oleh karena itu momen mudik paling dinanti masyarakat, untuk dapat bersilaturahmi dengan keluarga besar mereka.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Berbagai persiapan pun dilakukan oleh mereka yang bakal mudik ke daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat. Pemerintah pun menyiapkan program mudik gratis 2022 yang difasilitasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Baca juga: Mudik Lewat Tol dari Jakarta ke Solo, Berapa Biayanya Ya?

Bagi yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, bisa memilih jalan raya non tol dan jalan tol. Apabila Anda memilih mudik melalui jalan raya non tol, kemungkinan terjebak macet sangat besar sehingga waktu tempuh pun menjadi lebih lama.

Sedangkan apabila melalui jalan tol, saat ini pemerintah telah menyelesaikan tol Trans Jawa, Sehingga perjalanan mudik Lebaran 2022 diprediksi akan lebih lancar dan lebih singkat waktu tempuhnya. Hanya saja Ana harus menyiapkan dana cukup besar untuk membayar tarif tol.

Kendati demikian perjalanan mudik tahun ini akan lebih lancar melintasi tol Trans Jawa yang menghubungkan, Jakarta-Semarang. Kemudian jalur Semarang-Solo, Solo-Ngawi, hingga Solo sampai Surabaya.

Baca juga: Baru Vaksin Dosis Satu, Boleh Enggak Ikut Mudik Gratis 2022 Kemenhub?

Sementara untuk perjalan mudik dari Solo ke Jogja Anda sepertinya harus sabar. Karena bakal terjadi kemacetan karena dari arah Semarang maupun dari arah Surabaya menuju Jogja akan berada di satu jalur. Untuk itu Anda harus mencari jalur alternatif.

Dikutip dari dev.dishub.jogjaprov.go.id dan Otomotifnet.com, apabila dari Solo hendak menuju Jogja ada jalur alternatif dari Stasiun Srowot, ikuti jalan dan belok ke kanan arah Somopuran. Tinggal mengikuti petunjuk jalan, Anda akan kembali ke ruas Jalan Raya Solo-Jogja di ruas Pandansimping dan meneruskan perjalanan ke arah Jogja.

Sedangkan yang dari arah Jogja ke Solo, Anda saat sampai di simpang empat stasiun Brambanan (traffic light setelah Candi Prambanan) belok ke kiri atau arah Manisrenggo menuju Desa Nangsri. Setelah sampai persimpangan Desa Nangsri, ambil kanan dan ikuti jalan. Anda akan mengarah ke simpang Tegalmas dan belok kiri di Jalan Raya Solo-Jogja.

Anda juga dapat memanfaatkan Google Maps untuk mencari jalur alternatif. Perhatikan tanda-tanda yang menunjukan kepadatan arus lalu lintas di suatu jalan atau di jalan yang akan Anda lewati.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya