SOLOPOS.COM - Kondisi terkini akses penghubung Dusun Pengkok dan Dusun Pondok, Beruk, Jatiyoso, yang sudah pulih saat ini Sabtu (20/3/2021). (Istimewa/Pemcam Jatiyoso)

Solopos.com, KARANGANYAR -- Jalan penghubung antara Dusun Pengkok dengan Dusun Pondok, Beruk, Jatiyoso, Karanganyar terdampak tanah longsor saat ini sudah kembali pulih, Sabtu (20/3/2021). Aktivitas 500 jiwa warga Dusun Pengkok yang sebelumnya sempat terisolasi pun saat ini sudah mulai normal.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Sundoro Budi Karyanto, mengatakan berdasarkan pantauan saat ini akses jalan sudah kembali normal sepenuhnya. Menurutnya, hal tersebut dari hasil kerja keras tim gabungan yang berusaha semaksimal mungkin untuk menyingkirkan material longsoran tanah yang menutupi jalan sebelumnya. Sehingga, mulai Sabtu pagi, warga yang terisolasi sudah bisa kembali beraktivitas normal.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

“Kemarin malam itu sudah 75% pembersihan jalan. Terpantau saat ini sudah kembali pulih sepenuhnya dan warga sudah bisa beraktivitas seperti biasanya,” ucap dia ketika dihubungi Solopos.com, Sabtu.

Mitigasi Terbatas

Menurut Sundoro, lokasi tersebut memang rawan longsor dan sulit untuk ditangani. Pasalnya, jalan penghubung tersebut merupakan akses satu-satunya dan tidak memungkinkan untuk mengalihkan jalan. Sehingga, kemungkinan besar mitigasi yang akan dilakukan dengan memperkuat struktur pengikat tanah melalui penanaman pohon keras ataupun rumput vetiver.

“Untuk pengalihan jalan tidak mungkin karena diapit gunung. Jadi kemungkinan mitigasi dengan penanaman pohon. Tapi nanti kami kaji ulang dulu untuk menentukan tindakan yang paling efektif bagaimana,” imbuh dia.

Terpisah, Kasi Trantib Kecamatan Jatiyoso, Suyahmin, mengatakan jalan yang sebelumnya sempat tertutup material tanah longsor sudah bisa dilalui oleh kendaraan. Selain itu, aliran listrik yang sebelumnya sempat terputus juga sudah diperbaiki oleh PLN.

“Sudah normal semuanya. Lampu sudah hidup semua karena aksesnya sudah bisa dilalui. Jadi PLN langsung memperbaikinya. Karena masalahnya hanya karena kabel yang putus tertimpa pohon,” kata dia.

Sebelumnya, tanah longsor terjadi di Dusun Pengkok, Desa Beruk, Jatiyoso karena hujan deras, Kamis (18/3/2021). Longsoran tanah menutup seluruh ruas jalan selebar 3 meter dengan panjang jalan terdampak sekitar 20 meter. Akibatnya sebanyak 500 jiwa atau 125 keluarga di Dusun Pengkok terisolasi karena akses yang terputus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya