SOLOPOS.COM - Salah satu pemandangan di jalan tol Bali Mandara. (BPJT)

Solopos.com, SOLO-Salah satu pilihan akses untuk bepergian jarak jauh adalah jalan tol. Melalui jalan bebas hambatan ini, waktu tempuh perjalanan bisa jauh lebih hemat dibandingkan melalui jalan arteri.

Koneskuensinya, kita harus mengeluarkan biaya lain untuk membayar tarif di jalan tol. Nilai tarif ini tergantung golongan kendaraan dan biaya penggunaan jalan tol yang sudah ditentukan oleh pengelola. Meski demikian, biaya untuk membayar tarif jalan tol ini pantas dengan berbagai kelebihan di jalan tol tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada sisi lain, jalan tol itu sendiri pada umumnya mulus, panjang, “lurus”. Bagi yang tidak biasa melewati jalan tol, perjalanan akan terasa menjemukan.

Tapi ternyata, ada beberapa jalan tol unik di Indonesia. Jalan tol terasa tidak itu-itu saja. Jalan tol unik ini mulai dari latar belakang pemandangan gerbang tol yang indah, hingga penyediaan jalur khusus kendaraan roda 2 alias sepeda motor.

Ekspedisi Mudik 2024

Apa jalan tol unik di Indonesia, berikut beberapa di antaranya.

 

  1. Jalan tol atas laut Bali-Mandara.

Jalan tol sepanjang 12,7 km ini merupakan jalan bebas hambatan yang pertama dibangun di atas laut, di Indonesia.

Selain itu, jalan tol Bali-Mandara ini merupakan salah satu jalan tol atas air terpanjang di dunia.

Jalan Tol ini juga manjadi satu-satunya jalan tol di Indonesia yang memiliki jalur sepeda motor. Dalam mendukung kelancaran dan keamanan berkendara khususnya pengendara sepeda motor juga telah dipasang alat pengukur kecepatan angin di setiap gerbang tol (Nusa Dua, Ngurah Rai, dan Benoa).

Jika kecepatan angin mencapai 40 km atau lebih Jalan Tol ditutup sementara guna menghindari risiko kecelakaan.

 

  1. Jalan tol Pekanbaru-Dumai
Jalan tol unik. Salah satu perlintasan jalan tol dengan jalur gajah di jalan tol Pekanbaru-Dumai
Salah satu perlintasan jalan tol dengan jalur gajah di jalan tol Pekanbaru-Dumai (BPJT)

Sebagai upaya melindungi habitat sekaligus keselamatan satwa gajah, jalan tol Pekanbaru-Dumai dibuat 6 terowongan perlintasan gajah. Terowongan ini menjadi akses gajah yang ada di habitatnya dan langsung terhubung dengan 8 kantung gajah, tempat mereka tinggal.

Keenam perlintasan tersebut ada di Sungai Tekuana, lokasinya di seksi 2 dan tidak jauh dari Pusat Latihan Gajah Minas di Kabupaten Siak.

Kemudian lima perlintasan lainnya berada di Seksi 4 dekat dengan Suaka margasatwa Balai Raja.

Terowongan Perlintasan Gajah dibuat sekaligus menjaga keselamatan para pengguna jalan tol. Terowongan perlintasan gajah ini dibuat menyesuaikan dengan habitat aslinya di alam.

Pada bagian kiri dan kanan jalan yang ada disekitar terowongan perlintasan gajah tersebut dibuat pagar pengaman agar satwa-satwa tersebut aman dan selalu terjaga ekosistemnya.

 

  1. Jalan tol Semarang-Solo
Jalan tol unik. Gerbang tol Salatiga di jalan tol Semarang-Solo
Gerbang tol Salatiga. (Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Gerbang tol Salatiga yang ada di Jalan Tol Semarang-Solo punya latar belakang Gunung Merbabu yang indah. Ramai menjadi perbincangan publik di dunia maya, gerbang tol yang ada di salah satu ruas Jalan Tol Trans Jawa ini mirip salah satu pemandangan entrance highway di Gotthard-Swiss.

Jalan tol yang dijuluki sebagai Panoramic Toll Road ini menyuguhkan pemandangan indah mulai dari lereng bukit, pegunungan, area persawahan yang dapat melepas lelah sekaligus penat bagi para pengendara yang melintas sekaligus menikmati udara segar.

Jalan Tol Semarang-Solo diresmikan Presiden Joko Widodo dan beroperasi penuh pada tahun 2017 ini menghubungkan kota Semarang dan Solo. Kehadiran Jalan Tol ini memiliki arti penting sebagai aksesibilitas penopang perekonomian di daerah yang dilintasi seperti Semarang, Salatiga, Boyolali, Sukoharjo dan Solo.

Itulah tiga jalan tol unik di Indonesia. Masih ada beberapa jalan tol unik lainnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya