SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Bisnis-Jabar)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Bisnis-Jabar)

JAKARTA—Pembebasan lahan ruas jalan tol Trans Jawa per Mei 2013 sudah mencapai 55% seiring dengan telah terbebasnya tanah di beberapa ruas.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Kepala Sub-Direktorat Pengadaan Tanah Ditjen Bina Marga Ahmad Herry Marzuki menyampaikan pembebasan lahan untuk seluruh ruas jalan tol Trans Jawa sudah lebih dari setengahnya atau kurang 45% lagi.

Kementerian Pekerjaan Umum mencatat anggaran yang sudah terserap untuk pembebasan lahan jalan tol Trans Jawa sejak 2007 sebesar Rp4,04 triliun. Adapun untuk membebaskan tanah hingga 100% pemerintah memproyeksikan kebutuhan dana hingga Rp7,23 triliun.

Dia menjelaskan pembebasan lahan adalah pekerjaan yang sangat panjang dan memiliki beragam permasalahan. Pemerintah di lapangan berhadapan dengan beragam permasalahan mulai dari tanah wakaf, tanah sengketa, bahkan tanah pemerintah.

Kendati demikian, dia berharap pembebasan tanah di seluruh ruas jalan tol Trans Jawa dapat bebas pada 2014, kecuali Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya