SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan tol.( jnktollroad.com)

Solopos.com, KARANGANYAR — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memperkirakan ada tiga kecamatan yang akan terkena proyek jalan tol lingkar timur-selatan Solo.  Tiga kecamatan itu meliputi Kebakkramat, Tasikmadu, dan Jaten.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga  Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Karanganyar, Margono, mengatakan saat ini proyek nasional tersebut masih tahap perencanaan awal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Itu proyek nasional dan masih perencanaan awal. Jadi nanti yang mengerjakan ya pemerintah pusat. Kalau wilayah yang mungkin terkena proyek di wilayah Karanganyar kemungkinan Kebakkramat, Tasikmadu, dan Jaten. Tapi ya itu tadi, baru kemungkinan karena yang menangani pemerintah pusat langsung,” ujarnya, Selasa (27/12/2022).

Ia mengakatan jalur yang akan dilintasi tol juga masih ada beberapa alternatif,  belum ditentukan secara pasti.

Seperti diberitakan, masa depan proyek jalur lingkar timur-selatan Kota Solo yang sudah direncanakan sejak lama akhirnya menemukan titik terang. Alih-alih merealisasikan rencana membangun jalan lingkar (ring road) biasa, pemerintah pusat merencanakan pembangunan jalan tol.

Baca Juga: Belum Jelas Kapan Dibangun, Ini Daerah yang akan Dilewati Tol Lingkar Luar Solo

Menyusul desakan berbagai pihak untuk mengatasi makin beratnya beban jalan di Kota Solo, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Sekretariat Pengatur Jalan Tol membuat kajian baru tentang jalan tol. Opsi ini berbeda dari usulan sebelumnya, yakni berupa jalan lingkar yang desainnya telah disusun sejak 2016.

Rencana pembangunan jalur tol lingkar timur-selatan di sekitar perbatasan Kota Solo itu terungkap dengan munculnya tender proyek studi kelayakan di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (LPSE PUPR).

Pada laman lpse.pu.go.id, terdapat data tender dengan nama paket Penyusunan Studi Kelayakan dan Desain Awal Jalan Tol Lingkar Timur-Selatan Kota Surakarta. Tender itu diumumkan pada 13 Juni 2022.

Baca Juga: Solopos Hari Ini: Mengkaji Tol Lingkar Luar Solo

Lelang tender proyek studi kelayakan dan desain awal itu dimenangi oleh PT Virama Karya (Persero), sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang konsultansi konstruksi. Penandatanganan kontrak senilai Rp4.128.978.000 itu dilakukan pada 31 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya