SOLOPOS.COM - Ilustrasi proyek pembangunan jalan tol. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Jalan tol dinilai tak cocok diterapkan di DIY

Harianjogja.com, JOGJA — Pernyataan Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X terkait keberatannya terhadap pembangunan jalan tol di DIY mendapatkan respon positif dari jajaran pemerintah terkait.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya adalah Komisi C DPRD DIY.  Komisi di legislatif DIY yang membidangi infrastruktur jalan itu beranggapan bahwa pembangunan jalan tol di dalam wilayah DIY jelas akan menyalahi tata ruang yang sudah disusun sebelumnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Wakil Ketua Komisi C DPRD DIY Arief Budiono menjelaskan jalan tol yang menuju salah satu titik di DIY akan efektif jika dibangun di luar DIY. Namun hal itu menjadi tidak efektif jika dibangun di dalam wilayah DIY.

Pasalnya, selain tak sesuai dengan tata ruang dan wilayah DIY, keberadaan jalan tol itu hanya akan mematikan perekonomian warga, terutama yang berada di sekitar jalan.

“Pertanyaannya sekarang justru, dengan adanya jalan tol yang menuju ke DIY itu, pemerintah sudah siap belum menyambut kedatangan puluhan ribu orang,” katanya saat ditemui di ruang Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD DIY, Jumat (14/7/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya