Jalan Sehat 1 Muharram Gilingan Solo, Berhadiah Kambing & Voucher Hotel Berbintang

Pembina Musala Darussalam sekaligus penangggung jawab kegiatan tersebut, Suwono Hanang Suhada, mengakui masih banyak masyarakat Gilingan yang kurang dalam pemahaman keagamaan. Selain itu, tingkat kemaksiatan menurutnya masih tinggi di beberapa kawasan binaannya.

Jalan Sehat 1 Muharram Gilingan Solo, Berhadiah Kambing & Voucher Hotel Berbintang

SOLOPOS.COM - Poster jalan sehat Musala Darussalam, Cinderejo Kidul, Gilingan, Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO -- Dalam rangka menyambut Tahun Baru 1441 Hijriah, Musala Darussalam, RT 006/RW 009 Cinderejo Kidul, Gilingan, Banjarsari, Solo, menggelar Jalan Sehat Ceria pada Minggu (1/11/2019) pagi. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya membuat masyarakat setempat tertarik belajar agama Islam di musala tersebut.

Pembina Musala Darussalam sekaligus penangggung jawab kegiatan tersebut, Suwono Hanang Suhada, mengakui masih banyak masyarakat Gilingan yang kurang dalam pemahaman keagamaan. Selain itu, tingkat kemaksiatan menurutnya masih tinggi di beberapa kawasan binaannya.

"Karena majemuknya masyarakat gilingan dan tingkat pemahaman agama masih rendah serta kemaksiatan juga masih tinggi khusus nya 13 tempat yang Mbah bina, maka inilah tujuan Jalan Sehat Ceria ini," kata Suwono yang akrab dipanggil Mbah Wono tersebut kepada Solopos.com, Jumat (30/8/2019).

Selain mempererat persaudaraan warga di daerah binaannya di Gilingan, Mbah Wono menatakan ingin berbagi sedekah melalui berbagai hadiah. Hadiah tersebut antara lain berupa kambing, voucher menginap di hotel berbintang 4 di Solo, hingga beberapa peralatan.

Kegiatan ini merupakan kali keempat yang digelar di Gilingan dengan lokasi start yang berbeda-beda. Edisi pertama tiga tahun lalu dilakukan mulai dari Rejosari RT 001 dan RT 008 RW 013. Kemudian edisi kedua dilakukan mulai dari Lapangan GSG Cinderejo Kidul RT 002/RW 008 dan edisi ketiga mulai dari Gang Jalak RT 001/RW 006. Sedangkan edisi keempat tahun ini akan dimulai dari Gudang RT 006/RW 009.

"Setiap jalan sehat hadiah minimal ada 200 buah," kata Suwono.

Nama Mbah Wono dikenal masyarakat Gilingan sebagai tokoh dan aktivis pembina masyarakat setempat. Sebelum membina masyarakat Cinderejo Kidul, dia sudah terlebih dahulu merintis pembinaan warga di Cinderejo Lor RW 006. Di kawasan yang kerap dicap dengan citra negatif itu, ada sejumlah masyarakat pinggiran tanpa identitas berikut anak-anak mereka yang awalnya tak bisa mengakses pendidikan.

Suwono merintis pembangunan musala darurat di Cinderejo Lor yang kemudian berkembang menjadi Masjid Asy Syifa. Total di Gilingan dia merintis empat musala, PAUD gratis, dan tempat pendidikan Alquran (TPA).

Berita Terkait

Berita Terkini

Berkerumun dan Tak Bermasker di Umbul Ponggok, Emak-Emak Disambangi Polisi

Sejumlah warga yang berkerumun dan tak bermasker di objek wisata Umbul Ponggok, Klaten, mendapat peringatan dari Kepala Satuan Samapta Bhayangkara (Kasatsabhara) Polres Klaten, AKP Sri Anggono.

Lebaran 2021, Jumlah Kunjungan Wisata ke Tawangmangu Meroket

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar meroket di libur Lebaran 2021 Jumat (14/5/2021).

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).