SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

WONOGIRI- Warga di Kecamatan Manyaran memrotes jalan rusak tepatnya di ruas jalan Manyaran-Weru di Kecamatan Manyaran, Wonogiri dengan menanam puluhan pohon pisang.

Warga Dusun Sendang Kancingrejo RT 001/RW 003 Desa Karanglor, Kecamatan Manyaran, Dwi Sutoto, 33, mengatakan warga menanami pohon pisang tersebut sekitar pukul 01.00 pada Selasa (17/1/2012) dini hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada sekitar 20 pohon pisang yang ditanam. Pagi harinya, lima pohon di antaranya sudah dicabut petugas,” ungkapnya, Selasa.

Sepekan yang lalu, warga juga melakukan aksi serupa pada jalan provinsi itu. Mereka menanam pohon pisang pada ruas jalan sepanjang 1,5 kilometer dari tugu Manyaran sampai ke perbatasan Kabupaten Wonogiri-Sukoharjo.

Ia menambahkan, kerusakan itu sudah sekitar satu tahun dan warga merasa kesulitan saat melewati jalan itu. “Saat ini, jika ada mobil yang melintasi jalan itu membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Padahal, jika tidak rusak hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit,” imbuhnya.

Warga lainnya, Supriyanto, 38, juga mengungkapkan hal serupa. Kerusakan jalan itu juga banyak membuat sepeda motor jatuh terperosok. Untuk itu, warga berharap agar jalan tersebut segera diperbaiki atau setidaknya lubang yang ada di jalan itu diuruk dengan tanah terlebih dahulu agar tetap bisa dilewati masyarakat.

Terpisah, Kasi Jalan Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Provinsi Jateng wilayah Surakarta, Purwanto, menyatakan jalan tersebut akan dipebaiki bulan Maret 2012. “Saat ini masih dalam proses lelang. Diperkirakan pada awal bulan Maret sudah ada tanda tangan kontrak dan langsung SPK (Surat Perintah Kerja-),” jelas Purwanto.

Perbaikan ruas jalan itu, lanjut dia, termasuk dalam paket peningkatan jalan Wonogiri-Manyaran dengan dana sekitar Rp 2,8 miliar. Sementara ini, pihaknya akan melakukan pengurukan terlebih dahulu agar tetap bisa dilalui pengguna jalan. JIBI/SOLOPOS/Ayu Abriyani

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya