SOLOPOS.COM - Jalan wilayah Desa Widodaren, Kecamatan Gerik, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur (Jatim) rusak parah. (Facebook-Yosef Danni Kurniawan)

Jalan rusak Ngawi bakal ditanggulangi pemkab setempat yang mengalokasikan Rp110 miliar dana APBD untuk perbaikan jalan.

Madiunpos.com, NGAWI — Eksekutif dan legislatif Kabupaten (Pemkab) Ngawi, Jawa Timur mengalokasikan Rp110 miliar dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) setempat untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan di wilayah itu selama 2016 ini.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Kabupaten Ngawi, Sudarno, menjalankan dana tersebut bersumber dari APBN, Dana Alokasi Khusus (DAK) APBD setempat, dan bantuan keuangan Pemprov Jawa Timur.

“Dana tersebut tidak hanya digunakan untuk perbaikan dan pemeliharaan jalan poros kabupaten dan kecamatan saja, namun juga untuk membuka akses di daerah terisolir dan pinggiran seperti akses ke Blora dan Bojonegoro,” imbuh Sudarno saat mengungkapkan alokasi anggaran daerah itu kepada wartawan di Ngawi, Sabtu (30/1/2016).

Ia lalu memerinci, dari Rp110 miliar dana tersebut, sebanyak Rp74 miliar berasal dari APBN, sebanyak Rp35 miliar dari DAK Infrastruktur Publik Daerah (IPD), dan bantuan keuangan Pemprov Jawa Timur sebesar Rp10 miliar. “Dengan dana sebesar tersebut, kualitas perbaikan jalan nantinya akan ditingkatkan menjadi dua lapis aspal dan memperbanyak beton untuk titik-titik yang rusak parah,” kata dia.

Sudarno menjelaskan dengan dana perbaikan jalan yang cukup besar tersebut diharapkan dapat meningkatkan persentase jalan baik di Kabupaten Ngawi. Sebelumnyam, persentase jalan baik di Ngawi hanya 45%. Dengan kucuran dana itu, persentasenya bisa ditingkatkan menjadi 55% dari total jalan di Kabupaten Ngawi sepanjang 708 kilometer.

“Dengan dana perbaikan jalan tahun 2016 yang mencapai Rp110 miliar tersebut, diharapkan mampu meningkatkan persentase jalan baik hingga 10%,” katanya.

Naik Dibanding 2015
Ia menambahkan, secara umum dana tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan tahun 2015. Meski demikian, pihaknya harus pintar menggunakan dana tersebut karena cukup banyak jalan di Ngawi yang membutuhkan perbaikan.

Adapun, untuk perbaikan jalan, harus dilakukan secara bertahap dan akan diprioritaskan pada jalan yang memiliki jalur atau akses ekonomi tinggi.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya