SOLOPOS.COM - Kasi Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Madiun, Thariq Megah. (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

Jalan rusak Madiun dinilai minim, hanya mencapai 1,2%.

Madiunpos.com, MADIUN – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Madiun mengklaim hanya sepanjang 1,2% atau 4,89 km dari panjang total 875,71 km jalan Kota Gadis dalam kondisi rusak tahun 2015.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jalan rusak di Kota Madiun hanya 1,2% dari panjang total jalan. Angka tersebut menerangkan panjang jalan dalam kondisi rusak ringan. Sedangkan jalan yang termasuk rusak sedang dan rusak berat, di Kota Madiun sudah nihil,” kata Kasi Pemeliharaan Jalan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Madiun, Thariq Megah, sat berbincang dengan Madiunpos.com di sekitar Monumen Mastrip Madiun, Selasa (10/11/2015).

Thariq mengatakan DPU Kota Madiun rutin melakukan perbaikan nerusakan jalan serta upaya peningkatan kualitas jalan di Kota Gadis. Dia menyebut dana pemeliharaan dan peningkatan jalan di Kota Madiun tergolong cukup besar, yakni dikucuri Rp56 miliar pada tahun 2015. Thariq menyebut dana puluhan miliar tersebut berasal dari APBD Kota Madiun dan masukan Rp7 miliar DAK dari Pemerintah Pusat.

“Sebagian besar jalan di Kota Madiun dalam kondisi baik. Sedangkan jalan yang dalam kondisi sedang diperkirakan 12% atau 48,96 km dari panjang total jalan 248 km. Untuk wilayah dengan luas 33 kilometer persegi, Kota Madiun tergolong punya dana pemeliharaan dan peningkatan jalan yang tergolong tingi,” ujar Thariq.

Disinggung mengenai jalan-jalan rusak, Thariq menyebut, tersebar di berbagai kecamatan di Kota Madiun. Menurut dia, jalan di seuatu kota atau daerah tidak bisa mencapai angka 100% dalam kondisi baik. Thariq menjelaskan hampir bisa dipastikan ada bagian jalan yang mengalami kerusakan dengan beragam penyebab.

“Mau enggak mau, suka enggak suka, jalan pasti mengalami penurunan kondisi, misalnya dari sedang menjadi rusak ringan. Setidaknya pada tahun ini 98% dari 408 km jalan di Kota Madiun tergolong jalan mantab, yakni dalam kondisi baik dan sedang. Karena kondisi infrastruktur yang baik, Kota Madiun pernah meraih penghargaan dari Kementerian PU dan Perumahan Rakyat di bidang Bina Marga. Kota Madiun terbaik ketiga nasional,” terang Thariq.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya