SOLOPOS.COM - Ilustrasi perbaikan jalan (Dok/JIBI/Solopos)

Jalan rusak Klaten akan diperbaiki. Pemkab menganggarkan Rp40 miliar untuk perbaikan jalan sepanjang tahun ini.

Solopos.com, KLATEN – Pemkab Klaten menganggarkan Rp40 miliar untuk perbaikan jalan sepanjang tahun ini. Khusus perbaikan jalan alternatif arus mudik 2015, diharapkan dapat dirampungkan H-7 Lebaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Klaten, Sumarno, mengatakan perbaikan jalan di Kota Bersinar meliputi dua kegiatan, yakni peningkatan jalan dan pemeliharaan jalan. Total ruas jalan yang ditingkatkan kelasnya dan dipelihara lebih dari 30 ruas.

Ekspedisi Mudik 2024

“Peningkatan jalan itu mengubah jalan beraspal menjadi jalan berbeton. Sedangkan, pemeliharaan hanya mencakup penambalan jalan berlubang. Untuk jalan-jalan alternatif mudik, seperti jalan arah Bayat ke utara, jalan utama di Wedi, dan jalan di Klaten bagian selatan segera dirampungkan H-7. Saat ini, sedang dimulai perbaikannya,” katanya kepada Solopos.com, Rabu (17/6/2015).

Sumarno mengatakan panjang jalan yang dikelola Pemkab mencapai 770 kilometer. Sekitar 40 persen di antaranya rusak. “Untuk peningkatan jalan, rata-rata sudah dimulai. Sedangkan pemeliharaan jalan sebentar lagi akan dimulai,” katanya.

Hal senada dijelaskan Kepala DPU Klaten, Abdul Mursyid. Ia mengatakan perbaikan jalur alternatif di Klaten menjadi prioritas utama. Hal itu guna melancarkan arus mudik Lebaran 2015.

“Semoga, sebelum Lebaran semuanya sudah selesai,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, salah satu jalan di Klaten yang mengalami peningkatan kelas yakni jalan lingkar barat Delanggu. Peningkatan jalan tersebut menghabiskan dana senila Rp7,7 miliar.

“Memang sudah sepantasnya jalur lingkar di Delanggu itu diperbaiki. Soalnya, rusaknya sudah parah. Kalau tidak segera diperbaiki, akan mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Selain itu dapat menyebabkan kerusakan pada shock-breaker kendaraan,” kata salah satu pengguna jalan di Delanggu, Raharjo, 35.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya