JALAN RUSAK KARANGANYAR: Musrenbangcam Colomadu Karanganyar Usulkan Pelebaran Jalan Adi Soemarmo

JALAN RUSAK KARANGANYAR: Musrenbangcam Colomadu Karanganyar Usulkan Pelebaran Jalan Adi Soemarmo

SOLOPOS.COM - Warga menambal salah satu lubang di Jl Adi Soemarmo, Colomadu, Sabtu (3/2/2018). (Iskandar/JIBI/SOLOPOS)

Musrenbangcam Colomadu minta Jalan Adi Soemarmo diperlebar.

Solopos.com, KARANGANYAR—Musyarawarah Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Colomadu, Karanganyar, memfokuskan perbaikan sejumlah jalan dan drainase. Salah satu jalan yang menjadi prioritas perbaikan dan pelebaran adalah Jalan Adi Soemarmo.

“Usulan Colomadu untuk Musrenbangcam tahun 2019 di antaranya pelebaran Jl Adi Soemarmo sepanjang 4 kilometer dianggarkan Rp3 miliar. Anggaran itu selain untuk pelebaran jalan juga untuk perbaikan drainase,” ujar Camat Colomadu, Yophy Eko Jatiwibowo didampingi stafnya Suyono di Colomadu, Rabu (7/2/2018). (baca: JALAN RUSAK KARANGANYAR : Jl Adi Soemarmo Colomadu Bisa Tumbuh Pohon Pisang)

Menurut Yophy selain pelebaran Jl Adi Soemarmo, Musrenbangcam juga mengusulkan perbaikan sejumlah jalan lain. Di antaranya pelebaran jalan Desa Gajahan-Sanggir-Klegen-Pertigaan Bolon dengan volume 2.500 meter x 5 meter dengan anggaran Rp3 miliar.

Pengaspalan jalan penghubung Desa Gawanan-Paulan dengan volume 1.500 meter x 5 meter dianggarkan Rp1,5 miliar. Begitu pula dengan usulan rehab total gedung Puskesmas Desa Malangjiwan.

“Total dana yang diusulkan untuk pembangunan bidang infrastruktur di Colomadu senilai Rp38,4 miliar. Untuk perbaikan bidang infrastruktur ini kami mengusulkan 33 item,” ujar dia.

Suyono menambahkan selain bidang infrastruktur pihaknya juga mengusulkan bidang sosial budaya. Di antaranya dana anggaran untuk fasilitas difabel senilai Rp110 juta, pengadaan 11 unit mobil sampah senilai Rp3,3 miliar.

Penanganan kawasan kumuh di 11 desa dianggarkan Rp3,3 miliar dan sebagainya. Pada usulan musrenbangcam kali ini pihaknya juga mencantumkan dana operasional seniman Kecamatan Colomadu sebesar Rp50 juta.

“Total anggaran untuk bidang sosial dan budaya yang diusulkan senilai Rp10,3 miliar. Usulan itu kami ajukan berdasar daftar skala prioritas mengingat banyaknya usulan,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Lewat Pos Penyekatan Karanganyar, 15 Wisatawan Luar Jateng Diminta Putar Balik

Sebanyak 15 pemudik dari luar Jateng yang melintas di pos penyekatan di Karanganyar diminta putar balik.

Libur Lebaran, Wisata Grojogan Sewu Karanganyar Diserbu Pengunjung

Jumlah kunjungan wisatawan di sejumlah objek wisata di wilayah Tawangmangu, Karanganyar, termasuk Grojogan Sewu, meroket di momen libur Lebaran, Jumat (14/5/2021).

MotoGP Batalkan Seri Finlandia Gegara Covid-19

FIM, IRTA, dan Dorna Sports membatalkan Grand Prix MotoGP Finlandia tahun ini akibat masih berlangsungnya pandemi Covid-19

Singapura Lockdown, Restoran Hanya Terima Take Away

Pemerintah Singapura mengumumkan lockdown pada pertemuan sosial dan kegiatan publik pada Jumat (14/5/2021).

Pekalongan Diprediksi Tenggelam 15 Tahun Lagi, Ini Sebabnya

Kota Pekalongan di Jawa Tengah diprediksi tenggelam pada 2036 akibat penurunan muka tanah dan naiknya permukaan air laut.

Wisata WGM Wonogiri Tutup, Pengunjung Kecele

Banyak warga yang kecele saat berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Wonogiri, termasuk WGM, pada hari kedua Lebaran, Jumat (14/5/2021).

Duh, Pengemis Bawa Kabur Balita Usia 2 Tahun di Sragen

Seorang pengemis perempuan kedapatan membawa kabur seorang balita yang berusia 2 tahun asal Kelurahan Sragen Kulon, Sragen, pada Jumat (14/5/2021). 

Begini Kisah Seleksi Jadi Imam di Uni Emirat Arab

Kemenag melakukan seleksi imam masjid asal Indonesia yang akan diberangkatkan untuk bertugas di wilayah Uni Emirat Arab (UEA).

Melintas di Solo Saat Lebaran, 481 Kendaraan Diperiksa

Sebanyak 481 kendaraan berpelat luar Kota Solo diperiksa saat hari H Lebaran pada Kamis (13/5/2021).

Ketua LHKP-PWM Jateng Sesalkan Pernyataan Ali Mochtar Ngabalin, Desak Minta Maaf

Pernyataan Ali Muktar Ngabalin, Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden terkait Busro Muqodas disesalkan Khafid Sirotudin, Ketua Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) PW Muhammadiyah Jateng.

Bhabinkamtibmas Catat ada 1.241 Pemudik Tiba Sragen

Kebanyakan pemudik tiba di Sragen sebelum larangan mudik Lebaran diberlakukan.