SOLOPOS.COM - Sebuah pikap melintas di tanjakan jalan yang ada di Dusun Jatisari, Desa Sawahan, Ponjong. Senin (13/2/2017). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Jalan rusak di sekitar Ponjong

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Warga Dusun Jatisari, Desa Sawahan, Kecamatan Ponjong mengeluhkan rusaknya akses jalan yang menghubungkan dengan wilayah Ponjong dengan Kecamatan Semin. Mereka pun berharap agar kerusakan tersebut bisa diperbaiki sehingga memperlancar aktivitas masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah seorang warga Dusun Jatisari, Sukasno mengatakan akses jalan di perbatasan Ponjong dengan Semin rusak parah. Sebagai dampaknya, pengendara yang melintas harus berhati-hati, terutama saat hujan turun karena aliran air melintas di jalan rusak tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

“Selain itu kondisi jalan yang naik turun membuat risiko terjatuh lebih besar. Jadi warga yang melintas harus berhati-hati,” katanya kepada Harian Jogja, Senin (13/2/2017).

Menurut Kasno, perbaikan jalan sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten sejak beberapa tahun yang lalu. Hanya saja, upaya tersebut belum bisa menyeluruh karena daerah yang berada di wilayah perbatasan dengan Kecamatan Semin belum tersentuh perbaikan. “Jalan mulai dari balai desa Sawahan hingga Kecamatan Ponjong sudah bagus semua, tapi upaya perbaikan di wilayah kami [Dusun Jatisari] dengan perbatasan di daerah Pundungsari [Kecamatan Semin] belum sampai,” katanya.

Bukti lain adanya upaya perbaikan, kata Kasno, dapat dilihat adanya proses pembangunan terhadap Jembatan Sawahan yang dilakukan di 2015 lalu. Adapun anggaran yang digunakan tidak sedikit karena nilainya mencapai miliaran rupiah. “Jalan dan jembatan sudah bagus, tapi kami juga berharap kerusakan jalan yang masih ada bisa segera diperbaiki,” imbuhnya.

Hal senada diungkapkan oleh Wardi, salah seorang Desa Pundungsari, Kecamatan Semin. Menurut dia, proses perbaikan jalan sangat dibutuuhkan karena untuk memperlancar aktivitas masyarakat di wilayah sekitar.

“Jalur ini juga sebagai alternati Ponjong-Semin, karena jalur yang biasa dilewati harus memutar melalui wilayah di Kecamatan Karangmojo terlebih dahulu baru sampai ke Semin,” katanya.

Dia pun menyakini jika perbaikan bisa dilakukan maka kondisi jalan lebih ramai. Terlebih lagi, kata Wardi, akses jalan tersebut juga mengarah ke wilayah Wonogiri seperti Kecamatan Pracimantoro dan Eromoko. “Kami hanya bisa berharap karena kebijakan untuk perbaikan sebenuhnya berada di tangan pemerintah,” ungkap Wardi.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Gunungkidul Jaka Lelana mengungkapkan perbaikan jalan Semin-Ponjong yang berada di perbatasan Pundungsari-Sawahan masuk dalam skala perbaikan milik pemkab di tahun ini. Rencana perbaikan tersebut jadi satu paket dengan empat ruas jalan lainnya dengan anggaran Rp6,6 miliar. “Empat ruas jalan lainnya itu meliputi Pulegundes-Krakal, Kemiri/Glagah-Cabean, Gading-Getas dan Semin-Umbulrejo,” kata Jaka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya