SOLOPOS.COM - Ilustrasi protes jalan rusak yang dilontarkan netizen. (Facebook)

Jalan rusak di Jateng menurut Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya baru akan diperbaiki akhir Februari 2017.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Cipta Karya Jawa Tengah Bambang Nugroho mengatakan jalan provinsi yang mengalami berbagai kerusakan akan mulai diperbaiki akhir Februari 2017. “Jumat [24/2/2017] akan dilakukan teken kontrak sehingga perbaikan fisik dapat langsung dilakukan,” katanya di Semarang, Kamis (16/2/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain perbaikan jalan provinsi, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga akan memperbaiki jalan berlubang di sepanjang jalan nasional di wilayah Provinsi Jateng dengan target selesai pada awal Maret 2017. Menurut dia, perbaikan infrastruktur jalur utama antarprovinsi itu harus dipercepat agar tidak ada lagi korban akibat jalan rusak dan masyarakat pun nyaman saat melintas.

“Pada rapat di Brebes beberapa hari lalu, Menteri PUPR juga hadir dan meminta Balai Besar Jalan Nasional VII supaya penambalan jalan nasional selesai satu-dua minggu,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa kerusakan jalan nasional yang parah di sejumlah ruas jalur pantura antara lain di Pantura Pekalongan dan Batang. “Lubang jalan yang menganga semakin dalam dan lebar akibat tergerus air hujan sejak beberapa bulan terakhir sehingga harus ada penanganan ekstra cepat, apalagi aktivitas pengguna jalan di jalur pantura sangat tinggi,” katanya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menganggap wajar jika masyarakat marah-marah terhadap pemerintah lewat media sosial, media massa, bahkan mengadu langsung terkait jalan rusak parah itu. “Jalan berlubang tersebut tidak hanya mengganggu kenyamanan masyarakat, tapi juga mengancam keselamatan jiwa pengguna jalan,” ujarnya.

Ganjar mengaku sudah meminta pemerintah pusat segera memperbaiki ruas jalan nasional di sejumlah titik yang mengalami kerusakan dengan berbagai tingkatan agar tidak menimbulkan korban. “Pemerintah Provinsi Jateng siap membantu pemerintah pusat untuk perbaikan jalan nasional yang rusak,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya