SOLOPOS.COM - Kecelakaan lalu lintas di Jl. Raya yang melintasi Desa Tlahap, Kecamatan Gemuh, Kabupaten Kendal, Jateng akibat lubang di jalur jalan nasional itu, Jumat (3/1/2017) pukul 12.15 WIB. (Facebook.com-Muhammad Yusuf Ariffian)

Jalan rusak di sejumlah wilayah Jateng membuat Gubernur Ganjar Pramono mendesak pemerintah pusat segera bertindak.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta pemerintah pusat segera bertindak atas rusaknya sejumlah titik di ruas jalan nasional. Kerusakan dengan berbagai tingkatan di jalur jalan nasional yang melintasi wilayah Jateng itu telah menimbulkan jatuhnya korban jiwa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pemerintah Provinsi Jateng siap membantu pemerintah pusat untuk memperbaikan jalan nasional yang rusak,” kata Ganjar saat dihubungi melalui telepon dari Semarang, Jumat (3/2/2017).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu, mengungkapkan bahwa di sepanjang jalur lintas selatan Kebumen-Purworejo banyak dijumpai kerusakan berupa jalan berlubang, baik berukuran kecil maupun yang lebar dan dalam. Menurut dia, kerusakan jalan itu membahayakan keselamatan pengguna jalan yang melintas di jalur jalan nasional tersebut, bahkan tak jarang menimbulkan korban jiwa.

Oleh karena itulah, kata Ganjar, pemerintah pusat perlu segera memperbaiki jalan yang rusak parah tersebut agar tidak lagi menjadi pemicu kecelakaan lalu lintas yang berakibat fatal. “Pemerintah bisa melakukan perbaikan sementara, seperti ditambal atau diuruk material pasir dan batu, yang penting tidak membahayakan pengendara,” ujar Kepala Daerah Jateng itu.

Ganjar mengaku telah meminta pemerintah pusat melalui pejabat pembuat komitmen (PPK) agar segera memperbaiki jalan rusak di jalur selatan, terutama di ruas Kebumen-Purworejo. “Jika PPK sudah menyediakan material dan terkendala alat, Pemprov Jateng akan membantu menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk menambal maupun memperbaiki jalan,” janji Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya