SOLOPOS.COM - Ilustrasi Jalan (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Warga Dusun Klegung, Kedungpoh, Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, mengeluhkan jalan rusak di tempat mereka yang sudah bertahun-tahun. Menurut warga, jalan rusak tersebut sudah lama dan tidak pernah diperbaiki.

Kepala Dusun Klegung, Arif Prasetyo, mengatakan jalan sepanjang hampir 900 meter di tempatnya semua rusak. Dia pun sudah berulang kali mengusulkan perbaikan, tetapi hingga sekarang belum terealisasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Infonya ada perbaikan sepanjang 200 meter tahun ini, tetapi ternyata tidak jadi,” kata dia kepada wartawan, Jumat (14/10/2022).

Arif berharap pemerintah bisa segera memperbaiki jalan rusak tersebut. Terlebih, jalan di dusun lain seperti Jeruklegi dan Blembem sudah diperbaiki. Permintaan perbaikan juga sudah dibahas di tingkat kelurahan. Hasilnya, ada informasi jalan akan diperbaiki tahun depan.

“Mudah-mudahan bisa direalisasikan,” ujar dia.

Baca Juga: Izin untuk Tempat Wisata, Pengembang Malah Bangun Hunian di Tanah Kas Desa DIY

Padukuhan Klegung memiliki 160 kepala keluarga (KK) dengan total 450 jiwa. Dari jumlah KK itu puluhan warga tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH). “Memang sudah ada perbaikan RTLH, tapi belum menyasar seluruh warga,” katanya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Irawan Jatmiko, mengatakan panjang jalan kabupaten mencapai 1136,66 kilometer. Ia mengatakan masih banyak ruas jalan yang rusak.

Meski demikian, proses perbaikan tidak serta merta dilakukan secara langsung karena anggaran yang dimiliki pemkab masih terbatas. Selain itu, pandemi Covid-19 juga ikut memberikan dampak karena banyak anggaran yang digunakan untuk upaya pencegahan dan pengendalian penularan.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Tol Jogja-YIA Kulonprogo, Pemerintah Siapkan Rp3,8 Triliun

“Kalau anggaran besar pasti semua diperbaiki. Tapi, kan terbatas, maka dilakukan secara bertahap,” kata Irawan.

Disinggung mengenai keluhan dari warga di Dusun Klegung, Kedungpoh, Nglipar, Irawan mengakui akan berupaya memperbaiki kerusakan. Menurut dia, program sudah masuk prioritas dimiliki DPUPRKP Gunungkidul.

“Sudah direncanakan. Memang tahun ini baru menyasar di Dusun Jeruklegi dan Blembem dan rencananya akan dilanjutkan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjogja.com dengan judul Warga Klegung Gunungkidul Berharap Jalan Rusak Bertahun-tahun Bisa Diperbaiki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya