SOLOPOS.COM - Dua orang warga sedang melintas di jalan rusak yang menghubungkan Kecamatan Ponjong dan Semin di Dusun Surodadi, Umbulrejo, Ponjong, Senin (4/12/2017). (David Kurniawan/JIB/Harian Jogja)

Warga berharap infrastruktur rusak segera diperbaiki.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL— Warga Dusun Surodadi, Umbulrejo, Ponjong mengeluhkan putusnya jalan alternatif perhubung Kecamatan Semin-Ponjong yang terjadi akibat hujan deras pada Selasa (28/11/2017) lalu. Mereka pun berharap kerusakan tersebut diperbaiki karena kondisi tersebut mengganggu aktivitas masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kondisi jalan alternatif penghubung Semin-Ponjong tidak bisa dilewati karena bahu jalan yang ada di Dusun Surodadi rusak. Kerusakan terjadi karena bahu jalan longsor dengan panjang sekitar 20 meter dikarenakan adanya pergesaran tanah di perbukitan yang ada di samping jalan. Akibat longsoran ini, tujuh kepala keluarga di sekitar lokasi harus diungsikan ke tempat yang lebih aman.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah seorang warga Dusun Surodadi, Umbulrejo, Ponjong Yogi Wibisono mengatakan pergeran bukit yang mengakibatkan jalan penghubung Semin-Ponjong rusak karena hujan deras yang terjadi satu minggu yang lalu. Guyuran air yang terus terjadi selama dua hari membuat tanah menjadi labil sehingga mengalami pergeseran.

“Kami bersyukur meski ada kerusakan, peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Untuk sekarang, tujuh keluarga di sekitar jalan juga masih menggungsi,” katanya kepada Harian Jogja, Senin (4/12/2017).

Menurut Yogi, rusaknya jalan di Surodadi sangat merugikan warga. Pasalnya di jalur inilah menjadi penghubung dari wilayah Semin dengan Ponjong. Praktis dengan kerusakan ini, warga harus memutar untuk sampai ke wilayah Semin ke Ponjong atau pun sebaliknya.

“Sekarang harus memutar jauh karena harus lewat jalan raya. Ya kalau diperbandingkan dengan sebelum ada kerusakan, jarak yang ditempuh sekarang ada 20 kilometer,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya