Jalan Panjang Upaya Hukum Jagal Kartasura Yulianto hingga Mentok di MA

Permohonan grasi telah ditempuh terpidana jagal Kartasura dan pengajuannya ditolak Presiden atas pembunuhan berencana yang dilakukan Yulianto terhadap tujuh korban.

Jalan Panjang Upaya Hukum Jagal Kartasura Yulianto hingga Mentok di MA

SOLOPOS.COM - Yulianto si Jagal Kartasura. (Solopos/dok)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Upaya hukum menyelamatkan jagal asal Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Yulianto bin Wiro Sentono, dari eksekusi hukuman mati telah mentok.

Setelah upaya Peninjauan Kembali (PK) ditolak Mahkamah Agung (MA), dukun palsu pembunuh sadis tujuh orang ini juga tak lagi memiliki kesempatan mengajukan grasi atau pengampunan ke Presiden.

Permohonan grasi telah ditempuh terpidana dan pengajuannya ditolak Presiden atas pembunuhan berencana yang dilakukan Yulianto terhadap tujuh korban, salah satunya anggota Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan.

Pejabat Humas Pengadilan Negeri (PN) Sukoharjo Saiman ketika dijumpai Solopos.com di kantornya, Kamis (15/4/2021), mengatakan setiap terpidana memiliki hak melakukan upaya hukum untuk meringankan putusan.

Baca juga: Permohonan PK Jagal Kartasura Ditolak, Mantan Pengacara: Putusan MA Sudah Tepat

Ada dua upaya hukum yang bisa dilakukan, yakni upaya hukum biasa seperti banding, dan kasasi. Kemudian upaya hukum luar biasa melalui permohonan PK dan grasi ke Presiden. Dimana terpidana hanya memiliki satu kali kesempatan dalam upaya hukum yang dilakukan.

"Upaya hukum ini sudah semuanya dilakukan terpidana Yulianto. Terakhir melalui PK, namun ditolak. Termasuk upaya grasi ke Presiden yang hasilnya juga ditolak," kata dia.

Permohonan Grasi ke Presiden

Surat permohonan grasi ditulis Yulianto ditujukan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 4 September 2012 lalu, namun diterima pihak panitera Pengadilan Negeri (PN) Sukoharjo pada 19 September 2012.

Langkah grasi dari terpidana Yulianto dilakukan setelah kasasi perkara pembunuhan berencananya ditolak Mahkamah Agung (MA). Lantas surat permohonan grasi ke Presiden dikirim melalui PN Sukoharjo pada 22 September 2012. PN Sukoharjo kemudian baru menerima surat jawaban atas pengajuan permohonan grasi dari terpidana Jagal Kartasura pada 14 September 2015.

Baca juga: Ditanya Kapan Eksekusi Mati Yulianto Sang Jagal Kartasura, Ini Jawaban Kajari Sukoharjo

Dalam surat jawaban yang dikirim melalui Kementerian Sekretaris Negara (Mensesneg), Presiden menolak permohonan grasi jagal Kartasura.

"Presiden menolak permohonan grasi dari pembunuhan berencana berkali-kali [Yulianto]," katanya.

Yulianto tak memiliki hak lagi untuk mengajukan grasi ke Presiden. Saat ini proses persidangan kasus pembunuhan yang dilakukan jagal Kartasura Yulianto telah selesai alias final. Proses eksekusi hukuman mati terhadap terpidana tinggal menunggu Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo selaku eksekutor pidana.

Seperti diketahui pembunuhan oleh dukun palsu menggegerkan Kartasura sekitar 2011 lalu. Yulianto, 40, asal Kragilan, Pucangan, Kartasura, terbukti telah membunuh tujuh orang. Salah satu korban adalah Kopda Santoso, anggota Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan.

Pembunuhan terhadap anggota TNI tersebut yang menjadi awal terbongkarnya aksi pembunuhan berantai ini secara keseluruhan. Mayat korban ditemukan terkubur di rumah Yulianto.

Baca juga: PK Ditolak MA, Inikah Akhir Kisah Yulianto Sang Jagal Kartasura Sukoharjo? 

Saat penggalian polisi kembali menemukan seorang korban kasus pembunuhan yang dikubur di timur kandang sapi sehingga korban menjadi dua orang. Penggalian dengan kedalaman tanah sekitar satu meter ditemukan kerangka manusia yang sudah berserakan.

Yulianto akhirnya mendapat putusan hukuman mati oleh majelis hakim dalam sidang di Pengadilan Negeri Sukoharjo, pada 20 April 2011.

Berikut rekam jejak upaya hukum Yulianto:

-Majelis hakim PN Sukoharjo menjatuhkan vonis hukuman mati bagi Yulianto pada 20 April 2011.

-Yulianto tak puas putusan PN Sukoharjo dan mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Jawa Tengah (PT Jateng) di Semarang. Putusan banding keluar pada 5 Juli 2011. Hasilnya PT Jateng menguatkan putusan PN Sukoharjo.

-Yulianto kemudian mengajukan Kasasi ke MA. Namun Kasasi perkara pembunuhan berencana dengan terpidana Yulianto bin Wiro Sentono ditolak Mahkamah Agung (MA). Permohonan kasasi “Jagal Kartasura” tersebut diputus MA Oktober 2011 lalu

-Yulianto mengajukan permohonan grasi yang ditulis tangan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 4 September 2012 lalu. Grasi tersebut ditolak Presiden melalui surat yang diterima PN Sukoharjo pada 14 September 2015.

-Yulianto mengajukan PK tanpa novum atau bukti baru. Dasar Yulianto mengajukan PK adalah kekhilafan hakim dalam penerapan hukum.

-Permohonan PK jagal Kartasura diputus MA tertanggal 9 November 2020 lalu. Salinan putusan PK tersebut baru diterima Panitera PN Sukoharjo pada 15 Februari 2021. Dalam putusannya, MA menolak PK dari terpidana. Yang artinya MA menguatkan PN atas vonis hukuman mati terhadap terpidana.

Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Gibran Imbau Masyarakat Belanja Online, Ini Alasannya

Gibran dorong masyarakat untuk belanja secara online, termasuk untuk produk kuliner.

Begini Tanggapan Kapolda Jateng Soal ABG Pengemudi VW Warna Kuning Penerobos Penyekatan di Prambanan

Kapolda Jateng, Irjen (Pol) Ahmad Luthfi, beri tanggapan menyikapi ulah ABG pengemudi VW kuning penerobos penyekatan pemudik di Prambanan, Sabtu (8/5/2021).

Setop! Wisatawan Luar Daerah Dilarang Masuk Karanganyar

Wisatawan dari luar daerah dipastikan tidak bisa masuk ke wilayah Karanganyar pada momen libur Lebaran 2021.

H-1 Lebaran, Arus Lalu Lintas di Karanganyar – Tawangmangu Sepi Pol

Arus lalu lintas di sejumlah titik di Karanganyar tampak lengang pada H-1 Hari Raya Idulfitri 1442 H, Rabu (12/5/2021).

Takbir Keliling Dilarang, Jalan Utama di Klaten Bakal Dijaga Polisi

Aparat Polresta Klaten bakal berpatroli di jalan protokol Klaten untuk mengantisipasi kemungkinan adanya takbir keliling pada malam Lebaran.

Kapolda Jateng Tinjau Penyekatan di Prambanan, Ada Apa?

Kapolda Jateng mengatakan jajarannya telah memaksa 8.000 pengendara kendaraan untuk putar balik saat masuk ke Jateng.

Covid-19 Klaster Masjid Gayam Sukoharjo: 1 Jemaah Reaktif Swab Antigen

Seorang jemaah masjid Al Huda Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo dinyatakan reaktif Covid-19 berdasarkan hasil swab antigen.

Kumpul di SPBU Manahan Solo, 48 Remaja Bermotor Brong Diciduk Polisi

Sebanyak 48 sepeda motor milik remaja yang berkumpul di SPBU Manahan Solo pada Rabu (12/5/2021) subuh dikukut aparat Polresta Solo.

Jalanan Wonogiri Sepi Nyenyet pada H-1 Lebaran 2021

Arus lalu lintas di ruas jalan protokol Wonogiri pada H-1 Lebaran 2021, Rabu (12/5/2021) terpantau sepi.

H-1 Lebaran 2021, Jalanan Kota Solo Lengang

Kondisi jalanan Kota Solo dan sejumlah pos penyekatan pemudik pada H-1 Lebaran 2021, Rabu (12/5/2021) tampak lengang.

Harga Ayam di Sukoharjo Rp40.000/Kg Tetap Dicari Warga

Harga daging ayam di Sukoharjo pada sehari menjelang Lebaran atau H-1 Lebaran masih bertahan tinggi yakni Rp40.000 per kilogram.

2.035 Kendaraan Berpelat Luar Daerah Diperiksa di Perbatasan Prambanan

Tim gabungan telah memeriksa 2.035 kendaraan dari berbagai jenis menjelang Lebaran 2021.

Motor Sport Kecelakaan di Jl. Slamet Riyadi Solo, 1 ABG Luka Parah

Kecelakaan lalu lintas melibatkan 2 sepeda motor dan 1 mobil terjadi di Jl. Slamet Riyadi di timur Simpang Ngarsopuro, pada Selasa (11/5/2021) malam.

Batik Qur'an di Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Batik Qur'an di Laweyan, Kota Solo yang Bikin Takjub Santri Maroko

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Dipecat Seusai Insiden Serempetan Dengan Batara Kresna, Sopir BST Solo Banjir Dukungan 

Sopir bus BST Solo yang dipecat sesuai terlibat serempetan dengan railbus Batara Kresna di Jl Slamet Riyadi mendapat dukungan dari netizen.

Kasus ABG Terobos Penyekatan Pemudik Berujung Diversi? Ini Kata Bapas Klaten

Kasus ABG pengendara mobil VW kuning terobos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten, ada kemungkinan berujung diversi.

Keracunan Tukringin Karanganyar, Tersisa 9 Orang Dirawat di RSUD

Kondisi warga Dusun Puntukringin, Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Karanganyar, yang diduga menjadi korban keracunan takjil berangsur-angsur membaik.

Membangun Identitas Kota Solo di Era Kenormalan Baru Seperti Apa Ya?

Kota Solo selama ini sudah punya slogan The Spirit of Java.

1.250 Kado Ramadan Donasi Konsumen Alfamidi, Mantap Lur

Penyaluran paket sembako itu disokong sejumlah yayasan pengelola dana donasi konsumen Alfamidi.

Pemdes Sidomulyo Boyolali Siapkan Tempat Karantina Angker Bagi Pemudik, Gubernur Ganjar: Kreatif!

Ganjar Pranowo mengecek lokasi karantina pemudik yang disiapkan pemerintah Desa Sidomulyo, Ampel, Boyolali. Tempat karantina itu dinilai unik karena menempati lokasi yang dinilai angker.

Tes Antigen Acak Di Mal Solo Berlanjut, 3 Orang Lagi Positif Covid-19

Petugas kesehatan mendapati tiga lagi hasil tes antigen positif Covid-19 pada tes acak di mal dan pusat perbelanjaan Solo, Selasa (11/5/2021)

Ditinggal Masak Di Dapur, Rumah Warga Kemalang Klaten Ludes Terbakar

Rumah milik warga Kemalang, Klaten, terbakar saat pemiliknya memasak di dapur rumah tersebut pada Selasa (11/5/2021) siang.

Tes Antigen Acak Di Mal Solo, 1 Orang Mitra Kerja SGM Positif Covid-19

Satu orang mitra kerja Solo Grand Mall (SGM) positif Covid-19 berdasarkan hasil tes antigen secara acak oleh DKK Solo, Senin (10/5/2021).

Bukan Khas Solo, Ini Gaun yang Dipakai Wanita Serengan di Ajang Miss Elite World 2021

Anna Silvia, warga Menangan, Serengan, Solo, bakal mengenakan gaun khas Borneo dalam ajang Miss Elite Wolrd 2021 di Mesir pada 29 Mei mendatang.

Salat Idulfitri di Klaten: Zona Hijau Boleh di Masjid, Zona Merah Harus di Rumah

Salat Idulfitri dipastikan bisa digelar di masjid dan lapangan di daerah Klaten yang dinyatakan aman dari persebaran Covid-19 atau daerah zona hijau dan kuning.

Sasar Objek Wisata, Babinsa Bulu Sukoharjo Kampanyekan 5M

Koramil 03/Bulu Kodim 0726/Sukoharjo bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Bulu terus melakukan kegiatan penegakan disiplin protokol kesehatan berupa 5M.

20.000 Pemudik Tiba di Karanganyar, Bupati: Mereka Pandai Cari Waktu Pulang

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyebut para pemudik yang tiba di Bumi Intanpari sebelum Lebaran 2021 pandai mencari waktu pulang.

Sidak Pasar Tumpah Sragen: Parkir Motor dan Oprokan di Bahu Jalan Bikin Macet

Pasar tumpah di sejumlah lokasi Kabupaten Sragen mengakibatkan kemacetan karena pedagang oprokan dan parkir kendaraan bermotor di bahu jalan.

Antisipasi Keramaian, Pemkot Solo Swab Acak Pengunjung di 3 Mal

Pemerintah Kota Solo melakukan swab acak kepada pengunjung dan pegawai di tiga mal Kota Solo pada Senin (10/5/2021) sore.

Memoles Perhiasan Lama Terlihat Gilap Seperti Baru, Catat Tipsnya!

Memoles Perhiasan Lama Tampak Gilap Seperti Baru

Keracunan Massal Karangpandan: 29 Orang Masih Dirawat Di RS Dan Puskesmas

Sebanyak 29 orang dari total 55 korban keracunan massal Puntukringin, Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, masih dirawat di RS dan puskesmas

Wisatawan Luar Daerah Boleh Piknik ke Objek Wisata Klaten Saat Lebaran 2021

Pemkab Klaten tidak membatasi daerah asal pengunjung yang ingin datang ke objek wisata di wilayah Kabupaten Bersinar saat Lebaran 2021.

Mengenal Prepekan, Tradisi Berbelanja Jelang Lebaran di Pasar Tradisional

Dalam tradisi menjelang Lebaran di wilayah Sragen ada istilah yang dikenal dengan sebutan prepekan. Tradisi prepekan itu adalah tradisi orang Jawa berbelanja ke pasar untuk memenuhi kebutuhan saat Lebaran.

Plosorejo Karanganyar Sempat Masuk Zona Merah Covid-19, Ternyata Klaster Ini Penyebabnya

Desa Plosorejo, Kecamatan Matesih, Karanganyar, sempat masuk zona merah risiko Covid-19 karena ada satu klaster dengan 18 kasus positif.

2 Anak Terpapar Covid-19, Kasus Klaster Tarawih di Sambirejo Sragen Bertambah Menjadi 23 Orang

Dua orang anak di lingkungan klaster tarawih Desa Sambirejo, Kecamatan Sambirejo, Sragen, diketahui terkonfirmasi positif Covid-19.

Walah, 3 Perusahaan Di Klaten Ketahuan Bayar THR Berdasar Gaji Tahun Lalu

Tiga perusahaan di Klaten disurati Disperinaker lantaran membayar tunjangan hari raya atau THR karyawannya berdasarkan UMK tahun lalu.

Ternyata Resto di Samping De Tjolomadoe Dulunya Rumah Adipati Mangkunegara

Ternyata resto yang berada di samping De Tjolomadoe, Colomadu, Karanganyar, ini dulunya adalah rumah Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara IV.

Penyekatan Pemudik di Solo: 273 Kendaraan Diminta Putar Balik, Polisi Gunakan Anjing Pelacak

Dari jumlah itu, 273 kendaraan harus putar balik karena tidak dilengkapi dengan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) maupun hasil tes Covid-19.

Mobil Travel Gelap Disetop Petugas Pos Makutho Solo, Penumpang Dipulangkan

Satu unit mobil elf yang diduga travel gelap dihentikan petugas di pos penyekatan Tugu Makutho Solo pada Senin (10/5/2021) pukul 23.30 WIB.

Tegas! Bupati Karanganyar Usul Penanganan Covid-19 Serahkan ke Pemda Saja

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengusulkan penanganan Covid-19 diserahkan kepada pemda setempat.

Lebaran 2021: Jumlah Pemudik ke Sukoharjo Lebih Sedikit Dibanding Tahun Lalu

Jumlah perantau yang mudik ke Sukoharjo pada Lebaran kali ini lebih sedikit daripada tahun 2020.

Jelang Lebaran, Satpol PP Klaten Garuk 3 Pasangan Tak Resmi di Hotel Melati

Tim gabungan menyasar ke sejumlah hotel melati di kawasan kota dan Klaten bagian timur, total hotel yang disasar mencapai empat sampai lima hotel.

ABG Sopir VW Kuning Penabrak Polisi di Pos Penyekatan Klaten Mediasi dengan Korban, Hasilnya?

ABGpenabrak polisi di pos penyekatan pemudik di Klaten dengan mobil VW kuning telah menjalani mediasi dengan korban.

Geger Warga India Positif Covid-19, Kantor Imigrasi Pastikan Tidak Ada Penambahan WNA di Soloraya

137 Orang WNA India berada di kawasan Soloraya, rata-rata mereka bekerja sebagai ahli di bidang tertentu misalnya garmen.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Pabrik Snack di Tegalmas Klaten Terbakar, Kerugian Rp500 Juta

Kuat dugaan, kobaran api itu bersumber dari penggorengan di tungku atau kompor yang telah disiapkan dua karyawan pabrik snack itu.

320 Bidang Tanah Telah Dibebaskan untuk JLT, 6 Pemilik Lahan Menolak

Pembayaran ganti rugi lahan dan bangunan milik masyarakat dilaksanakan di aula Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sukoharjo, Senin (10/5/2021).

8 Desa di Karanganyar Ini Harus Bersiap Hadapi Kekeringan

Dilakukan pengeboran sumur dalam di beberapa lokasi di Karanganyar agar kebutuhan air bersih warga di wilayah kekeringan terpenuhi.

4 Orang Sudah Negatif, Tinggal 4 Pegawai Kantor Imigrasi Solo Positif Covid-19

Kantor Imigrasi Solo membuat mekanisme work from home (WFH) dan work from office (WFO), WFH diprioritaskan untuk pegawai lansia dan memiliki komorbid.

Porter Stasiun Solo Balapan Terdampak Larangan Mudik : Tetap Bersyukur Meski Penumpang KA Sepi

Sejumlah porter di Stasiun Solo Balapan tetap menjajal peruntungan meski kondisi stasiun setempat sepi penumpang.

Sri Mardianah & Jamadi Terpilih Jadi Kades Antarwaktu 2 Desa di Wonogiri Ini

Pemilihan kepala desa atau Pilkades antarwaktu digelar di dua desa di Wonogiri karena masing-masing kades meninggal dunia.

Kepala Desa di Boyolali Wajib Mencegah Perantau Mudik

Para kepala desa di Kabupaten Boyolali diminta berkomunikasi dengan warga di perantauan agar tak mudik pada Lebaran kali ini. Mencegah mudik akan mendukung pencegahan persebaran Covid-19 makin meluas.

Kasus Covid-19 di Boyolali Terkendali Jelang Lebaran, Tetap Taati Prokes Yuk!

Perkembangan kasus corona di Boyolali jika dilihat dari keterisian tempat tidur di bangsal Covid-19, masih cukup terkendali.

Aksi Pelajar Boyolali Bagi-Bagi Takjil di Bulan Ramadan

Selain pembagian takjil, mereka juga membagikan masker kepada warga yang melintas di depan Pasar Boyolali Kota, Kecamatan Boyolali, Jumat (7/5/2021).

Muncul Lagi, Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Positif Covid-19

Setelah klaster masjid At Taqwa Banmati, kini kasus positif Corona ditemukan pada jemaah masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo.

Begini Kesiapan Damkar Karanganyar Hadapi Momentum Lebaran 2021

Data Unit Damkar Satpol PP Karanganyar, dibandingkan tahun 2020, terjadi potensi peningkatan jumlah kasus kebakaran sebanyak 20 persen pada 2021.

Setahun Proses Seleksi, 3 Jabatan Eselon II Pemkab Klaten Akhirnya Terisi

Bupati Klaten Sri Mulyani melantik tiga pejabat yang mengisi tiga jabatan eselon II yang selama setahun ini melewati proses seleksi.

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Viral Video Pengendara Gerobak Sapi Masih Eksis di Klaten, Bikin Netizen Kaget

Video viral seorang bajingan yang mengendarai gerobak sapi di daerah Klaten. Dalam video tersebut dua orang heran melihat gerobak sapi.

Alila Solo, Hotel Pertama di Jateng Layani Drive Thru Swab Antigen

Alila Solo bekerjasama dengan Rumah Sakit Dr.Oen Surakarta memberikan pelayanan swab antigen drive thru.

Kasus Covid-19 Klaten Tambah 64 Orang, Terbanyak Dari Prambanan

Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 Klaten tambah 64 orang dalam sehari pada Senin (10/5/2021), paling banyak dari Prambanan.

ASN Wonogiri Wajib Lapor Diri Selama Libur Lebaran

Bupati, Joko Sutopo, meminta seluruh aparatur sipil negara atau ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri mematuhi aturan larangan bepergian ke luar daerah.

ABG Sopir Mobil Terobos Penyekatan Klaten Baru Setahun Bisa Nyetir

ABG asal Gergunung, Klaten, yang tertangkap polisi karena terobos penyekatan pemudik di Prambanan baru setahun bisa menyetir mobil.

Menjelang Lebaran, Vaksinasi Covid-19 di Boyolali Terus Dikebut

Menjelang Lebaran, program vaksinasi Covid-19 di Boyolali terus berjalan. Akhir pekan lalu, Boyolali bahkan kembali mendapatkan tambahan vaksin sebanyak 950 vial.

Mobil VW Kuning Terobos Penyekatan Klaten Dibeli Second, Segini Harganya

Mobil VW yang dikendarai remaja dan terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan, Klaten, dibeli dalam kondisi second dari warga Jakarta.

Sidak di Pasar Jongke & Karangpandan Karanganyar, Petugas Temukan Makanan Kedaluwarsa

Tim gabungan dari Dinkes Karanganyar melakukan inspeksi mendadak atau sidak obat dan makanan ilegal yang dijual di Pasar Jongke dan Pasar Karangpandan, Karanganyar, Senin (10/5/2021).

Permintaan Meningkat Jelang Lebaran, Harga Cabai Rawit Di Sragen Naik Rp10.000/Kg Sehari

Harga cabai rawit merah di pasar tradisional Kabupaten Sragen naik Rp10.000/kg dalam sehari menjelang Lebaran karena permintaan meningkat.

Tangani Kasus Keracunan Massal Karangpandan, Polres Karanganyar Periksa 5 Saksi

Satreskrim Polres Karanganyar menangani kasus keracunan massal yang dialami puluhan warga Puntukringin, Gerdu, Karangpandan.

687 Pemudik Tiba di Klaten, Paling Banyak Asal Karangdowo dan Trucuk

Sebanyak 687 pemudik tiba di Klaten sejak awal Mei 2021. Mereka mayoritas berasal dari wilayah Jabodetabek.

Tak Ada Salat Id Berjemaah di Alun-Alun Karanganyar

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, memutuskan untuk tidak menyelenggarakan salat Idulfitri 1442 H di Alun-Alun Karanganyar

21 Korban Keracunan Massal di Tukringin Karangpandan Masih Dirawat di RSUD Karanganyar

Sebanyak 21 korban keracunan di Dukuh Tungkirin, Desa Gerdu, Kecamatan Karangpandan, masih menjalani perawatan intensif di RSUD Karanganyar.

Belasan Pemudik Jalani Karantina 5 Hari di Solo Technopark

Sebanya 12 pemudik menjalani karantina di Solo Technopark lantaran nekat pulang kampung tanpa membekali diri dengan surat bebas Covid-19.

Kasus Covid-19 Transmisi Lokal di Klaten Meningkat, Petugas Kesulitan Lacak Kontak Erat

Tren persebaran kasus Covid-19 meningkat. Jika sebelumnya kasus di Klaten didominasi karena faktor kontak erat, belakangan penyebab tertinggi lantaran transmisi lokal.

Sepekan Muncul 10 Klaster Keluarga Di Sukoharjo, Ini Sebarannya

Sebanyak 10 klaster penularan Covid-19 lingkungan keluarga muncul di Sukoharjo dalam sepekan terakhir.

H-4 Lebaran 2021: 33.544 Kendaraan Masuk Sragen, Motor Paling Banyak

Sebanyak 33.544 kendaraan masuk wilayah Sragen sejak Jumat (7/5/2021) hingga Minggu (9/5/2021).

Keracunan Massal Karangpandan Jadi KLB? Biaya Pengobatan Korban Ditanggung Pemerintah

Pemkab Karanganyar berencana menetapkan kasus keracunan massal di Karangpandan sebagai kejadian luar biasa atau KLB.

Warga Wonogiri Boleh Salat Idulfitri Berjemaah di Masjid, Tapi Silaturahmi Virtual Saja

Umat Islam di Wonogiri diimbau untuk melakukan silaturahmi secara virtual pada Lebaran kali ini, meski mereka diperbolehkan melaksanakan Salat Idulfitri di masjid.

4 Tahun Lalu, Warung Pak Mbotho Sukoharjo Jual Pecel Rp3000/Porsi

4 Tahun lalu, warung Pak Mbotho Sukoharjo jual pecel Rp3000 seporsi. Bagaimana dengan sekarang?

Waduh! Wali Kota Solo Gibran Terlibat Debat Dengan Dosen di Pos Penyekatan Jurug

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terlibat debat dengan seorang dosen perempuan di pos penyekatan pemudik kawasan Jurug.

THR ASN Wonogiri 2021 Makan Dana Rp46 Miliar

Pemkab Wonogiri mengalokasikan dana sebesar Rp46.961.031.000 untuk membayar THR atau gaji ke-14 bagi para ASN menjelang Lebaran 2021.

Gibran Janji Evaluasi Jalur Contraflow Solo Buntut Railbus Batara Kresna – BST Senggolan

Wali Kota Gibran Rakabuming Raka berjanji mengevaluasi jalur contraflow di Solo yang menuai kritikan dari berbagai pihak.

Bikin Keracunan Puluhan Warga Tukringin Karanganyar, Sampel Takjil Diperiksa

Tim Dinkes Karanganyar mengambil sampel takjil yang dikonsumsi warga Dusun Puntukringin, Desa Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, yang mengakibatkan puluhan warga keracunan.

Mudik Dilarang dan Perbatasan Disekat, Pelaku Usaha Wisata Tawangmangu Menjerit

Penghasilan pelaku usaha wisata Tawangmangu merosot merosot hingga 50% selama momen Ramadan hingga libur Lebaran tahun ini.

Roti & Popok Kedaluwarsa Ditemukan di Minimarket di Sragen Jelang Lebaran 2021

Roti dan popok kedaluwarsa ditemukan di sejumlah minimarket di Sragen menjelang Lebaran 2021.

Wow! Rajin Salat Berjemaah di Masjid Solo Ini Bisa Dapat Hadiah Sepeda Motor

Berawal dari tekad mengajak para tetangganya menunaikan salat berjemaah di masjid, cara unik dilakukan pengusaha kuliner Solo, Puspo Wardoyo.

96 Kendaraan Pemudik Diputar Balik di Sragen, Tapi Ada yang Lolos Berkat Mbah Google

Sebanyak 96 pemudik diminta putar balik di Sragen, namun masih ada yang lolos berkat mengandalkan Google Maps.

ABG Terobos Penyekatan di Prambanan Klaten Terancam Penjara 1 Tahun

ABG pengemudi mobil VW kuning yang menerobos penyekatan pemudik di Prambanan Klaten terancam hukuman satu tahun empat bulan penjara.

Penampakan 5 Barang Antik yang Paling Dicari Pengunjung di Museum Radya Pustaka

Penampakan 5 Barang Antik yang Paling Dicari Pengunjung di Museum Radya Pustaka

Masa Berlaku SIM Habis Saat Libur Lebaran, Bisa Urus di Tanggal Ini

Pelayanan SIM Satpas Satlantas Polresta Solo libur selama empat hari mulai 12 Mei 2021 hingga 16 Mei 2021 mendatang.

Josss! 5 Atlet Difabel Wonogiri Wakili Jateng Maju ke Peparnas 2021 di Papua

Lima atlet difabel Wonogiri bakal mewakili Jawa Tengah pada ajang Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2021 XVI di Papua Oktober 2021.

Terkuak! Ini Pemilik Mobil VW Kuning yang Disopiri ABG Terobos Penyekatan di Klaten

Mobil VW kuning yang disopiri remaja saat menerobos penyekatan pemudik di Prambanan, Klaten, ternyata bekas milik warga Jakarta.

2 Korban Kebakaran Tanon Sragen Masih Dirawat di RS, Begini Kondisinya

Dua korban kebakaran gudang BBM dan toko kelontong di Tanon yang masih dirawat di RSUD Sragen itu adalah seorang nenek dan satu cucu.

Kembali Hadir pada 2021, SBBI Diakui Jadi Acuan Pemegang Merek

Solopos berharap penghargaan yang diawali dengan riset panjang ini bisa membantu pemilik merek mengelola merek mereka.