Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota Madiun berencana menata Jl. Pahlawan seperti Jl. Malioboro, Jogja. Tujuannya, supaya kota lebih terlihat cantik dan menjadi destinasi wisata.

Sejumlah pohon yang ada di Jl. Pahlawan atau di depan Balai Kota Madiun telah ditebangi, Rabu (13/11/2019). Nantinya pohon berbunga ditanami di lokasi itu.

Wali Kota Madiun, Maidi, menyampaikan trotoar sepanjang jalan itu akan dipasang tempat duduk yang bisa dimanfaatkan warga untuk tempat bersantai dan maupun berfoto-foto.

“Saya juga sudah pesan pohon yang tingginya lima meter. Pohon itu semua ada bunganya. Sehingga siapa pun yang melewati Jl. Pahlawan tidak boleh ngebut,” kata dia, Rabu.

Jl. Pahlawan di depan Balai Kota Madiun memiliki lebar 19 meter. Nantinya jalan tersebut akan dipersempit menjadi 10 meter. Sedangkan 9 meter jalan itu akan dijadikan trotoar dengan sisi kanan 4,5 meter dan sisi kiri 4,5 meter.

Trotar di Jl. Pahlawan ini akan diperlebar dengan tujuan supaya bisa digunakan menjadi tempat kegiatan masyarakat. Seperti tempat bersantai dan jalan-jalan.

“Pohon yang ada di sepanjang depan balai kota ditebang. Karena pohon itu memang sudah keropos dan dikhawatirkan roboh saat musim hujan,” ujar Maidi.

Meski ditebang, pemerintah akan menggantinya dengan pohon baru. Hal ini supaya suasana di sepanjang jalan itu tetap indah dan sejuk.

Penataan tidak hanya menyasar depan balai kota, kata dia, penataan juga dilakukan untuk menutup sungai Terate-Sumberumis yang berada di selatan balai kota. Penutupan sungai ini akan dimanfaatkan menjadi pusat kuliner. (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Pemkot Madiun,


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten