SOLOPOS.COM - Ilustrasi/dok

Ilustrasi/dok

JOGJA—Bappeda Kota Jogja tahun ini akan mengganti tiga nama jalan sebagai bagian dari program revitalisasi penamaan jalan. Ketiganya meliputi Jalan Mangkubumi, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Trikora.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bappeda Jogja Edy Muhammad mengatakan, tiga jalan yang akan diganti tersebut meliputi Jalan Mangkubumi menjadi Jalan Margo Utomo, Jalan Ahmad Yani menjadi Jalan Hargo Mulyo dan Jalan Trikora menjadi Jalan Pangurakan. Seluruh jalan tersebut terhubung dengan Jalan Malioboro yang namanya tidak diubah.

“Rencananya, ketiga jalan tersebut akan diubah mulai triwulan keempat atau akhir tahun ini. Itu sesuai  usulan para budayawan dan Ngarso Dalem (Sri Sultan Hamengku Buwono X),” jelas Edy di kantornya, Senin (21/1/2013).

Alasan perubahan nama jalan tersebut, kata Edy, dimaksudkan untuk mengembalikan karakter Jogja tempo dulu, sesuai makna filosofis dan nilai-nilai historis (sejarah) Jogja. Pemerintah Kota  Jogja, sambung Eddy, akan melakukan sosialisasi kepad masyarakat melalui SKPD (satuan kerja perangkat daerah). Misalnya, Tapem (Tata Pemerintahan) ke wilayah-wilayah. Kimpraswil, Dishub, Dinas Pariwisata mempersiapkan sarana prasarananya dan memperluas informasi tentang perubahan nama itu.

“Masing-masing SKPD berperan melakukan sosialisasi ini, sambil menunggu tanggapan dari masyarakat. Bagaimanapun, ada pengaruh sosial ekonomi dari perubahan nama itu,” kata Edy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya