Jalan-Jalan Protokol di Semarang akan Ditutup 24 Jam
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, Rabu (19/2/2020) (instagram—hendrarprihadi)

Solopos.com, SEMARANG -- Jalan-jalan protokol di Semarang akan ditutup secara penuh atau selama 24 jam. Keputusan itu merupakan kelanjutan kebijakan Pemerintah Kota Semarang sebelumnya, yaitu penutupan akses beberapa jalan protokol selama setengah hari,

Hal itu disampaikan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat dijumpai wartawan di Balai Kota Semarang, Selasa (31/3/2020) pagi. Wali kota yang akrab disapa Hendi itu menilai penutupan jalan terbukti efektif dalam mengurangi mobilitas warga.

Menurut Hendi, penutupan jalan protokol di Semarang itu guna mengurangi kerumunan dan menanggulangi persebaran virus corona di Kota Semarang. "Evaluasi penutupan jalan kemari sangat mengurangi mobilitas warga, terutama saat Sabtu dan Minggu," ujar Hendi.

Penutupan jalan itu dilakukan sejak akhir pekan lalu atau 29 Maret 2020 selama dua pekan. Penutupan atau blokade diterapkan di sejumlah ruas jalan sekitar kawasan Simpang Lima seperti Jl. Pandanaran, Jl. Pemuda, Jl. Pahlawan, Jl. Gajah Mada, dan Jl. Ahmad Yani.

Selama dua pekan itu, Pemkot Semarang hanya memberlakukan menutup jalan protokol pada sore hingga malam hari. Jalan-jalan protokol di Kota Semarang itu hanya ditutup selama pukul 18.00 WIB - 06.00 WIB.

Hendi mengaku telah berkoordinasi dengan pihak Polrestabes Semarang dan Dirlantas Polda Jateng untuk menutup sejumlah jalan secara penuh.
Meski demikian, penutupan jalan protokol di Kota Semarang secara penuh hanya berlaku selama akhir pekan, yakni Jumat, Sabtu, dan Minggu.

"Kita akan lakukan penutupan pada Jumat, Sabtu, Minggu. Kemungkinan kita tutup 24 jam. Untuk Senin sampai Jumat, jalan kita tutup seperti biasa, sore hingga pagi," kata Hendi.

Disinggung apakah akan ada penambahan ruas jalan protokol di Semarang yang akan ditutup, Hendi menyatakan belum ada. Namun, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Polrestabes Semarang jika nantinya menutup ruas jalan yang lain.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho