SOLOPOS.COM - Pasar Klewer Solo. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Pasar Klewer Solo sudah sejak lama dikenal sebagai destinasi wisata belanja, tidak hanya untuk produk tekstilnya tapi juga kuliner yang memanjakan lidah. Tak lengkap rasanya jika orang berkunjung ke Solo tanpa mampir ke pasar tersebut.

Setelah lelah berburu baju atau produk kain, memang paling enak adalah mencari makanan yang nikmat untuk mengisi perut yang lapar. Beberapa menu kuliner khas Solo seperti tengkleng atau minuman dawet yang menyegarkan bisa menjadi pilihan jika ingin jajan kuliner di pasar tekstil sebelah barat kompleks Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat itu.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Solopos.com menjelajahi kawasan Pasar Klewer Solo pada Rabu (9/2/2022) dan mendapati beberapa warung kuliner yang sangat wajib dicoba saat berkunjung ke pasar tersebut. Beberapa di antaranya sudah cukup populer dan mendapat review bagus dari warganet di laman Google.

Baca Juga: Mencicipi Lezatnya Aneka Kuliner di Pasar Klewer Solo

1. Tengkleng Klewer Bu Edi

kuliner pasar klewer solo
Warung Tengkleng Bu Edi di kawasan Pasar Klewer, Jl Dr Radjiman, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (9/2/2022). (Solopos/Linda Saviera)

Siapa yang tidak tahu Tengkleng Klewer Bu Edi? Warung tengkleng ini sangat terkenal di kalangan masyarakat sejak lama. Jika anda penyuka makanan berbahan kambing, kuliner ini patut dicoba saat berkunjung ke Pasar Klewer Solo.

Warung Tengkleng Bu Edi ini berada di area parkir Masjid Agung Solo sisi selatan atau di sisi barat Alun-alun Utara Keraton Solo. Warung ini buka pada pukul 11.30 WIB-15.30 WIB.

Tengkleng Klewer Bu Edi mendapat nilai 4,3 pada skala 1 (sangat buruk) hingga 5 (sangat bagus) dari total 938 ulasan Google per Kamis (10/2/2022). “Wuenak banget.. bikin ketagihan, tulang rawannya empuk, kuahnya segar dan gurih, porsinya pas. Beruntung datang sebelum penuh,” komentar salah satu netizen yang memberi ulasan bintang 5 di laman Google.

Baca Juga: Grab, Emtek, dan Bukalapak Sokong Pasar Gede Solo Sebagai Pusat Kuliner

2. Es Dawet Telasih Mbak Watik

kuliner pasar klewer solo
Gerobak es dawet telasih di sekitar Pasar Klewer Solo. (Solopos/Linda Saviera)

Ini juga menjadi salah satu menu kuliner yang sayang kalau dilewatkan ketika Anda berkunjung ke Pasar Klewer Solo. Es dawet telasih khas Solo Mbak Watik berada di kawasan Pasar Klewer, tepatnya Jl Alun-Alun Utara, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

Es dawet ini menggunakan gerobak keliling. Harganya Rp5.000/porsi. Es dawet ini buka pada pukul 08.00 WIB-16.30 WIB. Solopos.com sempat mencoba minuman dawet telasih ini yang ternyata sangat segar dan enak dinikmati di siang hari yang panas.

3. Kopi Murahati

Untuk para muda-mudi yang berwisata belanja di Pasar Klewer Solo, akan terasa kurang bila tanpa mampir nongkrong di kafe. Kafe yang recomended di daerah Pasar Klewer yakni Kopi Murahati.

Baca Juga: Wisatawan Serbu Kuliner Pasar Gede Solo, Mayoritas dari Luar Daerah

Kafe ini selain menyediakan kopi, juga ada makanan khas Jepang yakni Ramen dan juga Takoyaki. Kafe ini buka pada pukul 12.00 WIB-20.00 WIB. Kafe ini berada di Jl Dr Rajiman 53, Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo.

4. Es Dawet Ayu Depan BNI Klewer

Selain terkenal dengan es dawet telasih, ada juga es dawet ayu di sekitar Pasar Klewer Solo yang patut dicoba. Es dawet ini berada di depan Bank BNI Pasar Klewer. Harga es dawet yang manis dan nikmat diminum saat cuaca panas ini cukup terjangkau yakni Rp5.000/porsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya