SOLOPOS.COM - Pengendara sepeda motor melintasi jalan rusak dan berlubang di Sabrang Lor, Mojosongo, Jebres, Solo, Rabu (20/11/2019). (Solopos-Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO -- Ruas Jl. Merbabu Raya di Kelurahan Mojosongo, Jebres, Solo, rusak sehingga rawan memicu kecelakaan.

Berdasarkan pantauan , Rabu (20/11/2019), jalan yang memiliki panjang kira-kira 500 meter tersebut pecah dari wilayah RW 007 ke utara pada wilayah RW 009 di Kelurahan Mojosongo atau dekat SMAN 8 Solo. Kondisi jalan lebih rendah dari tepi selokan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Jalan yang memiliki tingkat kerusakan paling parah berada di RT 002/RW 008 yang memiliki kedalaman lubang kira-kira 20 sentimeter. Sementara beberapa titik terdapat cor untuk menambal lubang jalan yang telah rusak.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah satu warga Mojosongo Solo, Kuswanto, 57, menjelaskan, jalan rusak lebih dari lima tahun. Jalan tersebut belum pernah diaspal ulang sejak pengaspalan jalan pertama.

"Sering terjadi kecelakaan di jalan ini karena kondisi jalan rusak parah. Dua pekan lalu ada pengendara sepeda motor yang terjatuh. Sebelumnya, satu mobil sedan nyangkut pada jalan," ungkapnya.

Kuswanto mengatakan rusaknya jalan akibat bibir drainase lebih tinggi dari jalan sehingga air dari arah utara mengalir ke selatan menuju sungai Kali Anyar melalui bahu jalan. Air mengalir pada jalan menggerus aspal.

“Warga telah berupaya memperbaiki jalan dengan cor pada jalan yang berlubang dan menguruk. Tetapi usaha tersebut sia-sia karena air terus mengalir pada jalan saat hujan,” ungkapnya.

Kuswanto berharap Pemerintah Kota Solo membantu memperbaiki saluran drainase karena diduga menjadi penyebab jalan rusak. Ia meminta jalan tersebut segera diperbaiki.

Senada dengan Kuswanto, warga RT 002/RW 008, Suparmin, 67, mengatakan, jalan rusak butuh perbaikan karena merupakan akses utama dari arah Tegalharjo menuju SMAN 8 Solo. Kondisi jalan rusak parah lebih dari dua tahun terakhir.

“Kami berharap jalan dan saluran air segera diperbaiki,” ungkapnya.

Semantara itu, Lurah Mojosongo, Winarto, menjelaskan sudah mendapatkan laporan mengenai jalan rusak sejak tahun lalu. Pemerintah Kelurahan Mojosongo telah meminta perbaikan jalan kepada Wali Kota Solo dan DPU PR Solo.

“Kami sudah koordinasikan dengan DPUPR dan Pak Wali Kota. Kami meminta Pak RW 8 untuk segera mengajukan proposal sepanjang jalan dari RW 007, RW 008, sampai RW 009. Ini sudah menjelang akhir tahun kemungkinan jalan diperbaiki tahun depan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya