Truk pengangkut sampah terguling di Demangan Baru, Sleman, Rabu (5/2/2014). (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Solopos.com, SLEMAN—Gara-gara perbaikan jalan yang belum sempurna, sebuah truk pengangkut sampah milik Pemkab Sleman terguling di Jalan Demangan Baru, Depok, Sleman.

Rabu (5/2/2014) sekitar pukul 14.30 WIB, truk yang bermuatan sampah itu melintas dari sisi utara menuju ke TPA Piyungan Bantul. Namun nahas belum sampai tujuan, truk itu terguling dan mengakibatkan jalan ambles sedalam satu meter. Kontan saja, peristiwa ini menjadi tontonan warga.

Paryanto, sopir truk mengaku sudah biasa lewat daerah itu. Hanya dikarenakan jalur sempit dan ada perbaikan, ia mengemudikan lebih hati-hati. Sayang, kemungkinan gara-gara perbaikan yang belum sempurna, ketika dilewati truk, jalan jadi ambles.

"Untung jalanan sepi, jadi tidak timbul korban jiwa," katanya ketika ditemui di sekitar lokasi.

Melihat kondisi truknya terguling, ia kemudian mencoba meminta bantuan. Sekitar satu jam kemudian, datang bantuan untuk mengangkat roda truk bagian belakang yang ambles.

Peristiwa ini menjadi tontonan warga. Meski bau sampah menyeruak, warga tetap antusias melihat dan mengabadikan momen itu.

"Ya harapannya segera diangkat. Lagian sampahnya juga menimbulkan bau tidak sedap," kata Daroji, seorang warga sekitar.

Dia bercerita, kejadian itu tidak hanya sekali terjadi di jalan itu. Mulai dari bus hingga kendaraan pribadi pernah mengalami nasib yang sama dengan truk sampah milik Pemkab Sleman itu.

"Malahan dulu, kami dan beberapa warga ramai-ramai mengangkat mobil kijang yang juga bernasib serupa," katanya.

Menurutnya, kejadian ini berkaitan erat dengan gorong-gorong yang ada di jalan itu. Apalagi, sering kali terlihat pekerja memperbaiki saluran pembuangan tersebut. "Pokoknya sering, tapi tetap saja peristiwa ini sering terjadi," ungkapnya.

Dia berharap, pemerintah sungguh-sungguh memperbaiki jalan agar peristiwa serupa tidak berulang terjadi di lokasi tersebut. "Penginnya itu dalam pengerjaan benar-benar bagus dan bukan tambal sulam," papar dia.

Dibutuhkan waktu sekitar dua jam setelah kejadian agar truk itu bisa dikeluarkan dari jalan ambles. Sementara untuk menjaga arus lalu lintas tetap lancar, beberapa polisi dari Polsek Depok Barat berjaga-jaga mengatur lalu-lintas.

Untuk membersihkan sisa sampah yang berserakan di jalan, puluhan petugas dan empat truk sampah diterjunkan untuk membersihkan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten