SOLOPOS.COM - Logo Jakarta International 10K. (http://www.jakartainternational10k.com)

 

Logo Jakarta International 10K. (http://www.jakartainternational10k.com)

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

JAKARTA — Sebagai Wali Kota Solo, Joko Widodo—atau akrab disapa Jokowi—memang belum pernah melepas peserta maraton. Namun, jamak bagi warga Kota Bengawan melihat wali kota mereka itu melepas peserta sepeda santai atau jalan sehat massal lalu turun panggung kehormatan demi bergabung turut bersepeda atau berjalan bersama peserta.

Kebiasaan Jokowi menyatu dengan warga semacam itu rupanya terbawa juga tatkala ia menjabat Gubernur DKI Jakarta. Setelah melepas puluhan ribu peserta Jakarta International 10K – 2013 di Lapangan Monas, Jakarta, Minggu (23/6/2013), pukul 06.30 WIB, ia turun panggung kehormatan lalu turut berlari maraton.

“Selamat pagi seluruh warga Jakarta. Siap berlomba? Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, Jakarta International 10K 2013 saya nyatakan dimulai,” kata Jokowi seraya menembakkan pistol ke udara tanda dimulainya perlombaan lari itu. Segera sesudahnya, Jokowi yang mengenakan celana pendek Timnas Jerman dan bersepatu kets warna cokelat itu turun dari podium dan mulai berlari lomba.

Tindakan Jokowi menjadi peserta lomba lari tersebut disebut Kantor Berita Antara sebagai tindakan tak tidak terduga. Pasalnya, menurut Antara, Jokowi dijadwalkan memantau lomba dari tribun yang telah disiapkan oleh panitia kegiatan.

Aksi Jokowi itu juga mengagetkan warga Jakarta yang menonton di tepi lintasan. Mereka sontak riuh bertepuk tangan dan bersorak-sorai meneriakkan nama Jokowi berulang-ulang demi memberi semangat gubernur mereka agar berlari lebih cepat.

Jakarta International 10K merupakan salah satu bagian dari rangkaian perayaan Ulang Tahun (Ultah) Ke-486 Kota Jakarta. Perlombaan lari jarak jauh itu telah rutin digelar sejak 2004.

Kali ini, lomba lari tersebut diikuti oleh lebih dari 35.000 peserta, termasuk di antaranya 20 pelari elite internasional. Para peserta lomba lari itu memperebutkan hadiah uang berjumlah total Rp900 juta.

Lomba lari jalan raya 10 kilometer itu dimulai dan berakhir di Lapangan Silang Monas sisi barat daya, Jakarta. Para pelari diharuskan melintasi Jl M.H. Thamrin dan Jl Jenderal Soedirman, kemudian berputar di depan Kampus Unika Atmajaya. (JIBI/SOLOPOS/Detik/Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya