Siluet gedung perkantoran dan apartemen saat matahari terbenam, di Jakarta, Rabu (29/32019). (Reuters-Darren Whiteside)

Solopos.com, JAKARTA — Jakarta sebagai ibu kota di Indonesia masuk dalam 100 besar kota paling berbahaya di Indonesia versi Numebeo, salah satu lembaga penyaji statistik tentang kota-kota di dunia.

Dikutip Detik.com dari ABC Australia, Selasa (3/12/2019), Jakarta menempati peringkat ke-92 dengan indeks kriminalitas 54,26. Meski masuk dalam 100 kota paling bahaya, Jakarta dianggap masih lebih aman dibandingkan ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur.

Bahkan, dua kota lain di Malaysia juga dianggap lebih bahaya dari Jakarta, yaitu Petaling Jaya dan Johor Bahru. Kuala Lumpur berada di posisi ke-34 dengan indeks kriminalitas 66,21, Petaling Jaya di peringkat ke-62 dengan indeks kriminalitas 68,28, dan Johor Bahru di peringkat ke-78 dengan indeks kriminalitas 56,82.

Pemeringkatan itu dilakukan Numbeo berdasarkan laporan langsung dari warga kota setempat. Indeks yang dikeluarkan oleh Numbeo juga berdasarkan statistik mengenai tingkat kejahatan, layanan kesehatan, polusi biaya hidup, dan indikator sosial lainnya. Semakin rendah peringkat sebuah kota semakin menunjukkan bahwa kota tersebut dianggap lebih aman.

Pertanyaan yang diajukan dalam survei Numebeo adalah hal-hal yang berkenaan dengan tingkat keamanan dan kriminalitas. Dalam tiga tahun terakhir, ada 287 penduduk Jakarta yang memberikan pendapat mereka.

Untuk pertanyaan tentang rasa aman berjalan kaki sendirian di siang hari, 66% responden merasa aman. Sementara untuk berjalan kaki sendirian di Jakarta pada malam hari, hanya 34,77% yang merasa aman. Angka yang paling tinggi untuk Jakarta adalah masalah korupsi dan penyuapan, dengan 84,36% responden mengatakan hal tersebut banyak terjadi di Jakarta.

Sedangkan kota lain di Indonesia, yakni Bali, rasa aman berjalan kaki di siang hari lebih rendah dibandingkan dengan Jakarta, namun berjalan kaki di malam hari di Bali dirasakan lebih aman dibandingkan di Jakarta. Bali menempat peringkat ke-133 dengan indeks kriminalitas 47,66.

Sedangkan kota paling berbahaya di dunia adalah Caracas yang merupakan ibu kota Venezuela. Untuk hal seperti perampokan, pencurian mobil, penyerangan, dan SARA, indeks kekhawatiran mencapai 45%-50%. Caracas memiliki indeks kriminalitas 84.92, disusul ibu kota Papua Nugini, Port Moresby, di tempat kedua.

Sumber: Detik.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten