Jakarta Banjir, Ahok Buka Suara, Ini Respons Anies Baswedan
Kawasan permukiman penduduk Cililitan Kecil, Jakarta, terendam banjir, Jumat (26/4/2019). Air kiriman dari bendungan Katulampa hingga sungai Ciliwung meluap mengakibatkan rumah tinggal di bantaran Sungai Ciliwung, Jakarta terendam air 1-2 meter. (Antara-Risky Andrianto)

Solopos.com, JAKARTA --   DKI Jakarta kembali banjir, Jumat (26/4/2019). Puluhan wilayah terendah, sebanyak dua warga meninggal dunia. Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama biasa disapa Ahok langsung buka suar lewat akun Twitternya, Jumat menanggapi banjir di Jakarta. Dalam cuitannya, Ahok meminta warga Jakarta untuk tetap waspada dan bahu membahu menolong korban banjir.

“Kepada warga DKI, harap waspada terhadap banjir. Mari fokus untuk membantu para korban banjir. Dan jangan membuang sampah sembarangan,” tutur Ahok sebagaimana dikutip dari Suara.com.

Tanggapan Anies

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswaedan mengapresiasi imbauan Ahok tersebut. Dikutip dari Detik.com, Anies memberikan komentar atas imbauan Ahok itu.

"Ya [apresiasi], ya dari dulu gitu," kata Anies di Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2019).

Dalam situs resminya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyebutkan sebanyak dua orang meninggal dalam banjir Jumat. Kedua korban tewas akibat banjir Jakarta.

“Dua orang meninggal dunia karena banjir. Satu di antaranya, meninggal dunia terseret arus Kali Ciliwung di Kelurahan Kebon Baru, Jakarta Selatan,” kata BPBD dalam pernyataan resminya.

Sedangkan satu korban lainnya meninggal akibat serangan jantung di Kelurahan Bidara Cina, Jakarta Timur.

Jakarta banjir terjadi di 32 titik pada Jumat pagi. Hal ini dikarenakan hujan lebat di kawasan Bogor dan sekitarnya sepanjang Kamis (26/4/2019) malam.

Hujan deras mengakibatkan ketinggian muka air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat naik menjadi Siaga I.

Disebutkan lokasi yang terkena banjir antara lain di Jakarta Selatan tepatnya di RW 01, 02, 011 Kelurahan Pengadegan; RW 01, 03, 07 di Kelurahan Rawajati; RW 01 di Kelurahan Cikoko; dan, RW 010 di Kelurahan Kebon Baru, dengan ketinggian banjir rata-rata 10 cm sampai 250 cm.

Sedangkan untuk Wilayah Jakarta Timur tepatnya di RW 01, 02, 03, 05, 08, 012 Kelurahan Cawang; RW 01, 02, 04, 05 Kelurahan Balekambang; dan, RW 05, 06, 07, 15, 16 Kelurahan Cililitan.

Selanjutnya, RW 04 sampai RW 08 Kelurahan Kampung Melayu dan RW 06, 07, 11, 14, Kelurahan Bidara Cina, dengan ketinggian banjir rata-rata 10 cm hinga 250 cm. 

Hingga Sabtu, terdapat 2.370 warga yang mengungsi akibat banjir. Anies mengatakan belum ada perkembangan terkini dari pengungsi tersebut. "Belum ada update baru," sebutnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho