SOLOPOS.COM - Bandara Adi Soemarmo (Burhan AN/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SOLO -- Dua penerbangan rute Solo-Jakarta Halim Perdana Kusuma melalui Bandara Adi Soemarmo Solo terpaksa dibatalkan sebagai buntut ditutupnya Bandara Halim Perdana Kusuma untuk sementara karena terdampak banjir pada Rabu (1/1/2020).

Kedua penerbangan adalah Citilink tujuan SOC-HLP. Di sisi lain, perjalanan kereta api melalui Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta juga mengalami keterlambatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Humas Bandara Adi Soemarmo Solo, Danardewi mengatakan ada sejumlah penerbangan yang terdampak penutupan Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta lantaran banjir pada Rabu. Penumpang sudah ditangani maskapai baik yang melakukan refund maupun reschedule.

“Penerbangan ada yang terdampak karena Bandara Halim Perdana Kusuma ditutup sementara, yakni Citilink untuk flight pagi dan siang,” ujarnya, kepada wartawan, Rabu.

Danar menjelaskan penerbangan yang dibatalkan yakni Citilink rute HLP-SOC-HLP dengan nomor penerbangan QG 120/Q 121 datang pukul 07.50 WIB dan berangkat pukul 08.45 WIB. Maskapai ini sedianya memberangkatkan 180 penumpang.

Hujan Deras, Pohon Tumbang Melintang di Jl. Tentara Pelajar Solo

Kedua adalah Citilink rute HLP-SOC-HLP dengan nomor penerbangan QG 122/Q 123 datang pukul 11.10 WIB dan berangkat pukul 11.40 WIB. Sedangkan penumpang ada 147 orang.

“Penerbangan lain dari dan ke Halim Perdana Kusuma Jakarta masih sesuai jadwal,” jelasnya.

Penerbangan lain tujuan HLP adalah Batik Air ID7040 pukul 16.10 WIB dan Citilink QG 127 pukul 17.45 WIB. Menurut Danar, penerbangan ini masih sesuai jadwal.

Sementara itu, Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan sejumlah KA jarak jauh di wilayahnya mengalami keterlambatan sebagai dampak banjir di Jakarta.

Ada beberapa KA yang terlambat sekitar 35 menit sampai 55 menit, yakni KA Gajah Wong rute Lempuyangan-Pasar Senen, Fajar Utama rute Yogyakarta-Pasar Senen, Taksaka rutee Yogyakarta-Gambir, Matarmaja rute Malang-Pasar Senen, dan Gaya Baru Malam rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng.

Mayat Wanita Ditemukan Membusuk di Semak-Semak di Sidoarjo, Diduga Mahasiswi Akper

"Kami mohon maaf kepada masyarakat atas keterlambatan ini karena kejadian tersebut di luar rencana,” paparnya.

Menurutnya, jika rel KA terendam air atau terkena banjir sangat riskan dilewati. Di sisi lain, KA jarak jauh ini juga berlaku pembatasan kecepatan khususnya saat memasuki wilayah Jabodetabek.

“Kalau di wilayah Daops VI, trek aman dan lancar. Adanya keterlambatan karena bencana banjir di wilayah Jakarta dan sekitarnya,” imbuhnya.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Suharyanto, mengaku belum ada kereta api (KA) jarak jauh keberangkatan melalui Stasiun Solo Balapan yang terdampak banjir di Jakarta. Meskipun begitu, pihaknya memprediksi KA malam nanti kemungkinan terkena imbas.

“Sementara untuk saat ini belum ada yang terdampak. Tapi, kemungkinan KA yang nanti malam, kami masih menunggu informasi lebih lanjut,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya