SOLOPOS.COM - Foto Pemeriksaan Jajanan Sekolah JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Foto Pemeriksaan Jajanan Sekolah
JIBI/Harian Jogja/Gigih M Hanafi

SLEMAN-Makanan jajanan di depan sekolah memang sarat akan bahan pengawet. Hal ini bisa membahayakan siswa yang membeli makanan tersebut. Kebanyakan makanan itu mengandung borak, siklamat, rhodamin B dan formalin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Permasalahan ini membuat sejumlah pedagang di depan sekolah hanya bisa geleng-geleng kepala. Padahal, tidak semua pedagang di depan sekolah yang menjajakan jajanannya mengandung zat-zat pengawet itu.

Ketua Komunitas Pedagang Depan Sekolah di Sleman, Midun Sulaiman mengatakan untuk anggotanya sudah mulau sadar untuk tidak memakai zat pengawet yang berbahaya. Namun, yang namanya orang berjualan pasti ada saja yang muncul baru dan menggunakan berbagai macam zat berbahaya itu.

“Kami biasanya malah bergesekan dengan pedagang baru. Kebanyakan mereka tidak memikirkan dagangan ke depannya, namun memikirkan keuntungan sebesar-besarnya dulu,” kata Midun saat dihubungi Harian Jogja, Senin (6/5).

Midun mengaku sudah jika harus memberikan sosialisasi pada setiap pedagang baru itu. Pasalnya ada juga pedagang yang tidak mau atau susah diatur dengan tetap menjual makanan yang mengandung zat pengawet.

“Tapi kalau yang sudah terdaftar sudah barang tentu kami tertibkan soal higienis barang jualannya sesuai rekomendasi dari Dinas Kesehatan atau BB POM DIY. Kalau pedagang dari luar daerah, kami sudah angkat tangan,” kata Midun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya