SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjajaki pembangunan pelabuhan terintegrasi dengan kawasan industri, perumahan, dan infrastruktur lain sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta investasi. “Kemarin saya melakukan kunjungan kerja di Java Integrated Industrial and Ports Estate [JIIPE] di Gresik, Jawa Timur untuk menjajaki pembangunan pelabuhan terintegrasi di Jateng,” kata Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (24/10/2018).

Menurut dia, JIIPE merupakan model pelabuhan yang ideal karena keberadaannya dapat menekan biaya produksi maupun distribusi barang. Apabila berbagai sektor perusahaan berada dalam satu kawasan atau terintegrasi dengan pelabuhan, tol, jalur kereta api, perumahan, serta keperluan lainnya maka akan memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi biaya logistik. Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini berharap melalui kunjungan kerja di JIIPE dapat mengetahui mekanisme penyelenggaraan kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan.

Promosi Oleh-oleh Keripik Tempe Rohani Malang Sukses Berkembang Berkat Pinjaman BRI

Termasuk, sambung dia, pengelolaan skema, penguasaan lahan, dan potensi hinterland sebagai pengguna pelabuhan, serta memiliki gambaran multimoda yang tepat diterapkan di Jateng. Yasin menyebutkan, sedikitnya ada delapan daerah di Jateng yang mengajukan pengembangan pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri, salah satunya Kabupaten Kendal. “Harus ada terobosan-terobosan baru untuk mengatasi berbagai persoalan, terutama terkait perizinan dan pengoperasian kawasan industri, maka nanti akan kita koordinasikan lagi bersama SKPD [satuan kerja perangkat daerah] terkait,” ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan putra kiai dari partai sama itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya