SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

Saat musim penghujan seperti saat ini batuk mudah menyerang. Penyakit ini muncul karena daya tahan tubuh lemah yang disebabkan paparan udara dingin. Untuk mengatasinya, ramuan herbal jahe merah bisa menjadi solusi alternatif yang ampuh.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“Di balik rasanya yang pedas, jahe merah mengandung zat yang berguna bagi tubuh. Tanaman ini banyak dipilih sebagai obat batuk lantaran kandungan zat yang dimilikinya seperti minyak atsiri, zat gingerol, serta oleoresin atau zat yang memberi rasa pahit dan pedas lebih tinggi dari jahe biasa,” ujar Irgi, Karyawan toko obat herbal Al-Anshor Health Indonesia, saat ditemui Harian Jogja, Jl. Kemasan, Kotagede, Jogja, Selasa (27/12).

Ekspedisi Mudik 2024

Irgi menambahkan, komponen jahe merah yang paling utama adalah gingerol yang bersifat antikoagulan. Fungsi gingerol mencegah penggumpalan darah, sehingga pembuluh darah tidak tersumbat. Seperti diketahui, tersumbatnya pembuluh darah merupakan penyebab utama stroke dan serangan jantung.

Gingerol juga dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Tanaman yang memiliki bahasa ilmiah Zingiber officinale ini, ukurannya lebih kecil dibanding jahe lainnya. Sesuai namanya, jahe ini berwarna merah hingga jingga muda. Tanaman ini berserat kasar dengan tekstur batang yang kasar pula, berbentuk bulat kecil, dan berwarna hijau kemerahan.

Jahe merah merupakan tumbuhan berbatang tegak dan tidak bercabang. Batangnya bulat kecil berwarna hijau dan agak keras. Daunnya tersusun berselang-selang teratur. Selain itu, tinggi tanaman ini tak lebih dari 60 sentimeter.

“Tanaman ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku obat herbal karena aromanya sangat tajam. Khasiatnya antara lain membuat lambung menjadi nyaman dan membantu mengeluarkan angin, juga melawan pilek dan flu,” ujarnya.

Irgi menjelaskan, jahe merah juga mengandung antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas di dalam tubuh. Tumbuhan umbi ini juga efektif sebagai pereda rasa sakit yang alami serta dapat meredakan rematik, sakit kepala, dan migrain.

Khasiat lain jahe adalah sebagai peluruh masuk angin dan untuk menghangatkan badan, penambah nafsu makan, dan peluruh keringat. Tumbuhan ini juga bisa mengatasi radang tenggorok, sakit pinggang, meningkatkan stamina, mengatasi asma, dan batuk kering.

Jika tidak ingin repot mengolahnya, jahe merah kini telah tersedia dalam bentuk kemasan, salah satunya produk Amanah. Jahe kemasan ini cukup dituangkan ke dalam satu cangkir, lalu campur dengan air panas secukupnya, aduk, dan minum selagi hangat.(Wartawan Harian Jogja/Kharisma Ayu Febriana)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya