SOLOPOS.COM - Jahe (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Jahe (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA–Jahe banyak digunakan di musim hujan untuk menghangatkan badan. Namun, di musim pancaroba seperti sekarang atau musim kemarau sekalipun, jahe baik dikonsumsi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain terjangkau dan mudah didapat, jahe bisa menjadi obat alami beragam penyakit. Berikut daftar khasiat jahe, seperti dilansir The Times of India, Rabu (24/04/13):

Ekspedisi Mudik 2024

1. Alergi
Jahe  cocok dipakai untuk mengatasi alergi, karena di dalamnya terkandung zat antihistamin.

2. Mabuk Perjalanan
Kondisi berguncang-guncang sering dialami saat menaiki angkutan darat, laut, maupun udara. Perut yang mualpun diikuti dengan muntah, atau biasa disebut mabuk perjalanan. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengunyah jahe sebelum bepergian. Anda juga bisa mengemut permen jahe di perjalanan.

3. Masalah Perut
Jahe cocok untuk meredakan sakit perut, kram, serta masalah pencernaan lain. Jahe juga membantu pencernan. Peneliti Jepang menemukan bahwa gingerol yang ada dalam jahe dapat memblokir reflex muntah.

4. Muntah-muntah pada Ibu Hamil
Setengah dari ibu hamil mengalami mual dan muntah di masa-masa awal kehamilan atau morning sickness. Jahe dikenal efektif meredakan kondisi ini. Pada beberapa studi kesehatan, tingkat kesuksesannya mencapai 75%.

5. Sakit Kepala dan Migrain
Mengalami sakit kepala dan migrain? Jangan biasakan meminum obat. Kunyah saja jahe segar selama 30 menit.

6. Pilek dan Flu
Jahe mengandung zat antivirus dan antijamur. Kalau Anda mengalami flu atau pilek, minumlah teh jahe untuk melegakan tenggorokan dan hidung tersumbat.

7.Tenggorokan Gatal
Saat batuk, tenggorokan rasanya gatal terus. Meminum teh jahe tiga kali sehari membantu meredakan rasa gatal di tenggorokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya