SOLOPOS.COM - Es Lontrong Slawi (Instagram/@sebataskabar)

Solopos.com, TEGAL — Selain dikenal dengan Teh Poci-nya, Slawi, daerah di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, juga memiliki minuman khas yang berbeda yang tidak memiliki campuran teh yang wangi. Bagi yang pernah ke Slawi, pasti ada rekomendasi dari penduduk setempat tentang Es Lontrong yang dapat melepaskan dahaga saat sedang haus.

Mengutip Okezone.com, Kamis (16/9/2021). Es Lontrong Slawi hanya ada di satu tempat saja. Minuman ini berisi cincau hitam dan kacang hijau dan diatasnya diberikan topping es serut hingga penuh. Sebelum disajikan, sebagai pemanis minuman disiram air santan kelapa murni  dan sirup pandan berwarna merah menggoda

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Alasan diberi nama ‘Lontrong’ berawal dari kelompok pedagang yang sama-sama menjual Es Lontrong dan nama kelompok itu disebut geng lontrong. Oleh karena itu nama minuman tersebut diberi nama Es Lontrong, mengacu pada nama kelompok/geng.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Termasuk Getuk Ketek, Ini 4 Oleh-Oleh Khas Salatiga yang Selalu Diincar

Tempat penjual minuman ini sangat legendaris dan dicari-cari banyak orang. Pasti saat bertandang ke jantung kota Tegal itu, pendantang tidak pernah lupa mampir ke warung itu. Untuk membuat Es Lontrong ini sebenarnya hanya membutuhkan bahan-bahan yang mudah.

Bahan-bahan itu di antaranya adalah kacang hijau yang sudah matang, cincau hitam yang dipotong dadu, es batu yang sudah diserut, santan kelapa murni dan pandan manis sebagai pelengkap.

Untuk membuatnya masukan kacang hijau dalam gelas, kemudian cincau hitam lalu es batu serut hingga menutupi gelas, lalu tuangkan santan kelapa murni dan berikan sedikit sirup pandan untuk sensasi manis dan harum.

Baca Juga: Liburan Murah Meriah di Umbul Senjoyo Salatiga, Berenang Sambil Menyantap Bakwan Jembak

Warung Es Lontrong yang ada di Slawi ini biasanya buka setiap hari dari jam 08.00 sampai 15.00 WIB. Jika memasuki bulan puasa, warung Es Lontrong ini buka pada jam ngabuburit, yaitu jam 16.00 WIB. Karena memiliki rasa yang segar dan manis, minuman ini cocok menjadi pelega dahaga saat berbuka puasa Ramadan.

Minuman ini harganya sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 saja per gelasnya dan sudah pasti bisa merasakan kesegaran dari rasa dahaga. Kedai Es Lontrong di Slawi yang berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No 26, Slawi ini sudah berdiri lebih dari 30 tahun. Saat itu harganya masih antara Rp100-Rp150.

Meskipun saat ini pemilik es lontrong slawi sudah barganti dari generasi ke generasi, tapi karena sang pemilik saat ini yang berusaha untuk tetap mempertahankan resep asli dari generasi pertama membuat es lontrong slawi ini masih digemari oleh banyak masyarakat tanpa mengubah cita rasa aslinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya