Jaga Kondusivitas, Anggota Polres Wonogiri Disebar di Lokasi Penyaluran BLT BBM

Polres Wonogiri menerjunkan lima personel di lokasi penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM).

 Anggota Polsek Kota Wonogiri berjaga di lokasi penyaluran BLT BBM di Kantor Kecamatan Wonogiri, Rabu (14/9/2022). Polres Wonogiri menerjunkan personel di lokasi penyaluran BLT BBM untuk menciptakan keamanan dan ketertiban. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

SOLOPOS.COM - Anggota Polsek Kota Wonogiri berjaga di lokasi penyaluran BLT BBM di Kantor Kecamatan Wonogiri, Rabu (14/9/2022). Polres Wonogiri menerjunkan personel di lokasi penyaluran BLT BBM untuk menciptakan keamanan dan ketertiban. (Solopos.com/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRIPolres Wonogiri menerjunkan lima personel di lokasi penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) pengalihan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Mereka bertugas menjaga jalannya penyaluran BLT BBM yang berlangsung di kantor kecamatan atau kantor kelurahan/desa di Kabupaten Wonogiri.

Pantauan Solopos.com di salah satu tempat penyaluran BLT BBM di Kantor Kecamatan Wonogiri, sebanyak lima personel polisi berjaga di lokasi tersebut. Mereka menyebar di gerbang masuk kantor kecamatan dan di sudut-sudut pendapa kecamatan sebagai tempat penyaluran. Mereka mengenakan rompi polisi berwarna hijau. 

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Kapolsek Wonogiri Kota, AKP Eka Purwanta, mengatakan kehadiran polisi di tempat penyaluran BLT BBM bukan bermaksud menakuti-nakuti masyarakat yang menerima BLT. Melainkan memberikan rasa aman dan nyaman sehingga tercipta suasana tertib sekaligus kondusif.

“Di sini [Kantor Kecamatan Wonogiri] ada lima personel yang kami tugaskan menjaga dan mendampingi masyarakat menerima BLT BBM. Kami berupaya memberikan rasa aman kepada mereka. Jangan sampai terjadi sesuatu hal yang tidak menyenangkan menimpa mereka setelah mendapat bantuan,” kata AKP Eka Purwanta saat berbincang dengan Solopos.com di Kantor Kecamatan Wonogiri, Rabu (14/9/2022).

Dia melanjutkan, polisi harus hadir di setiap kegiatan masyarakat yang melibatkan banyak orang dan berisiko terjadi kriminalitas. Itu sesuai dengan fungsi polisi yang mengayomi dan melayani masyarakat.

Baca Juga: 89.575 KPM di Wonogiri Peroleh BLT BBM, Penyaluran Rampung Akhir Pekan Ini

“Arahan dari pimpinan, kapolres, juga seperti itu,” ujar dia.

Terpisah, Kapolres Wonogiri, AKBP Dydit Dwi Susanto, melalui Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Penerangan Masyarakat Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, menyampaikan Polres Wonogiri menerjunkan personel di setiap lokasi penyaluran BLT BBM di Kabupaten Wonogiri. Hal itu bertujuan mengawal penyaluran BLT BBM kepada keluarga penerima manfaat. Selain itu, mencegah terjadi kriminalitas. 

“Setiap lokasi penyaluran BLT BBM dijaga empat sampai lima personel polisi. Itu untuk menjaga agar penyaluran BLT BBM berjalan kondusif, aman,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Rabu. 

Sejauh ini, penyaluran BLT BBM di Wonogiri tidak ada kendala. Semua berjalan lancar, tertib, dan aman.

Baca Juga: Pegawai SPBU Wonogiri Catat Pelat Nomor Kendaraan Pengisi BBM Subsidi

“Polisi akan terus menjaga dan mengawal penyaluran BLT BBM sampai selesai,” katanya. 

Seperti diketahui, penyaluran BLT BBM disalurkan melalui Kantor Pos di kantor kecamatan dan kantor kelurahan/desa di Kabupaten Wonogiri.

Kepala Kantor Pos Wonogiri, Nur Arif Febriana, mengatakan jumlah penerima BLT BBM dan Bantuan Pangan NonTunai (BPNT) di Wonogiri sebanyak 89.575 KPM untuk alokasi September-Oktober 2022. Masing-masing KPM menerima BLT BBM senilai Rp300.000 untuk alokasi September-Oktober 2022 dan BPNT senilai Rp200.000 untuk alokasi September 2022. Sehingga total BLT yang diterima senilai Rp500.000/KPM

Penyaluran dilaksanakan di kantor kecamatan, kantor desa/kelurahan, atau langsung di rumah penerima bergantung dengan jumlah KPM di daerah tersebut dan kondisi masing-masing penerima. Penyaluran bantuan sosial itu dilangsungkan, Senin-Minggu (12-18/9/2022).

Baca Juga: Terkuak! Kuota Pertalite untuk Wonogiri Ternyata Capai 54.106 Kiloliter/Tahun

Tidak semua penyaluran BLT dilaksanakan di kantor kecamatan. Ada juga yang berlokasi di kantor kelurahan/desa. Hal itu tergantung jumlah KPM di setiap kecamatan.

“Kalau jumlah KPM di kecamatan itu banyak, bisa disalurkan di kantor kecamatan dan kantor desa/kelurahan. Kami juga mendatangi langsung ke rumah penerima jika kondisi penerima tidak memungkinkan hadir di kantor kecamatan atau desa karena sakit atau sudah sepuh,” jelas Arif saat dihubungi Solopos.com melalui sambungan telepon WhatsApp (WA), Rabu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas Air Mata Penyebab Asfiksia, Mati Lemas Kurang Oksigen di Tragedi Kanjuruhan

      Gas air mata hingga mengakibatkan penghirupnya mengalami asfiksia diduga menjadi penyebab utama jatuhnya ratusan korban jiwa pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam.

      Berita Terkini

      Pemkab Boyolali Gelar Pengajian Maulid Nabi, Sekda: Terbesar Seusai Pandemi

      Sekda Boyolali meminta semua elemen untuk meramaikan kegiatan tersebut, baik warga muslim atau nonmuslim.

      Waspada, Sudah 207 Pohon Tumbang di Sragen Akibat Angin Kencang

      Kepala BPBD Sragen Agus Cahyono menyatakan jalur angin di Sragen berada di Kecamatan Plupuh, Tanon, Kedawung, Gondang, dan Sambirejo.

      LK3 Boyolali: Pelaku KDRT Sudah Tidak Sayang pada Pasangan

      Kalau pasangan sayang, pasti akan berpikir dua kali untuk menyakiti orang yang disayangi.

      Harga Kedelai Melambung, Bakul Tahu di Sragen Mengeluh

      Para bakul tahu di Sragen terpaksa harus mengurangi ukuran tahu agar bisa mendapatkan laba meskipun para pembeli juga mengeluh.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Ganti Musim, BPBD Karanganyar: Waspada Bencana Alam

      Hujan dengan intensitas rendah, sedang, hingga lebat sudah terjadi di wilayah Karanganyar dalam beberapa hari terakhir.

      Sudah Musim Penghujan, BPBD Sragen Masih Lakukan Dropping Air

      Kepala BPBD Sragen, Agus Cahyono, mengatakan dropping air dilakukan di wilayah sisi utara Bengawan Solo.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Oktober 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Rabu (5/10/2022), bisa disimak di sini.

      Ustaz Adi Hidayat akan Isi Pengajian Muktamar Muhammadiyah Solo Akhir Pekan Ini

      Tabligh Akbar itu bakal diikuti warga persyarikatan Muhammadiyah se-Soloraya secara daring dan luring. Diperkirakan ada 100.000 jemaah yang bakal mengikuti acara.

      Agenda Solo Hari Ini: Fashion Show By Sosialita di SBF, Krenova di STP

      Agenda Kota Solo hari ini, Rabu (5/10/2022), akan ada Fashion Show By Sosialita di Solo Batik Fashion, Krenova Subosukawonosraten di Solo Technopark dan wayang orang di GWO Sriwedari.

      Stok Vaksin Covid-19 di Solo Habis, Ini Langkah Wali Kota Gibran

      Stok vaksin Covid-19 di Solo habis sejak awal Oktober dan sudah mengajukan stok ke Dinkes Jateng

      Tekan Inflasi, Klaten Galakkan Tanam Sejuta Pohon Cabai

      Pemkab Klaten menggalakkan menanam sejuta pohon cabai sebagai upaya menekan inflasi.

      Berlokasi di Perbatasan Sukoharjo-Karanganyar, Pasar Sedayu Milik Sukoharjo

      Pasar Sedayu terdapat 34 pedagang kios dan 132 pedagang los yang mayoritas menjajakan busana, bahan makanan berupa sayuran, makanan ringan, dan kebutuhan pokok, serta hewan ternak.

      Kepiting Jadi Program Andalan Puskesmas Juwangi Boyolali Tekan Angka Stunting

      Program Kepiting bertujuan memantau dan mengendalikan angka stunting di Kecamatan Juwangi.

      Kabel PT Telkom Senilai Puluhan Juta Rupiah Dicuri, Begini Cara Pelaku Beraksi

      Sindikat pencuri kabel Telkom membawa beragam peralatan seperti linggis, kapak, pasak hingga balok kayu untuk mempermudah mengangkat gulungan kabel.