SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Endro Guntoro)

Harianjogja.com, JOGJA- Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian Kota Jogja berupaya mempertemukan distributor dengan pedagang untuk menjaga kestabilan harga bahan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan.

“Kami pertemukan distributor dan pedagang dalam sebuah forum. Tujuannya adalah mewujudkan komitmen bersama untuk menjaga kestabilan harga bahan kebutuhan pokok,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Jogja, Suyana, Senin (2/6/2014).

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Menurut dia, pada pertemuan tersebut diharapkan muncul komitmen bersama antara distributor dan pedagang untuk tidak memanfaatkan kondisi pasar menjelang Ramadhan, karena biasanya terjadi peningkatan permintaan dari masyarakat.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, Suyana menyebutkan peningkatan permintaan dari masyarakat terjadi dua pekan menjelang Ramadhan, dan dua pekan menjelang Lebaran.

Saat ini, kata dia, harga bahan kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Jogja pada awal Juni cenderung stabil, begitu pula stok bahan kebutuhan pokok mencukupi permintaan masyarakat.

“Stok sangat mencukupi, sehingga masyarakat tidak perlu melakukan pembelian dalam jumlah banyak supaya tidak terjadi gejolak harga di pasar,” katanya.

Selain mempertemukan distributor dan pedagang, Disperindagkoptan juga tetap rutin melakukan pemantauan harga bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya