SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO-Hati atau liver merupakan salah satu organ terpenting yang berfungsi menyaring racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun hati juga rentan terjangkit beberapa penyakit di antaranya hepatitis, pembengkakan hati dan sebagainya.

Salah satu gejala yang mudah diamati untuk mengenal penyakit ini adalah mata dan kulit berubah menjadi kuning, air seni berubah menjadi warna cokelat pekat seperti air teh bahkan beberapa di antaranya ada yang mengalami peningkatan pada kadar gula dalam darah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) Trampil Mandiri Desa Bolon, Colomadu, Karanganyar, Titi Sayekti, mempunyai ramuan khusus untuk menjaga fungsi liver. “Saya mempunyai racikan khusus untuk menjaga fungsi liver dan menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh,” ujar wanita yang berlatar pendidikan farmasi dan kesehatan masyarakat itu, belum lama ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia bahan yang diperlukan untuk membuat racikan itu adalah temu lawak 1 kilogram, sereh seperempat kg, daun salam 5 lembar, daun pandan 2 lembar, dan air 1.500 mililiter. Racikan itu bisa ditambahi gula pasir 2 kilogram, gula batu 200 gram, gula jawa 200 gram.

Bahan tersebut diolah untuk dijadikan sirup. “Saya bersama istri kepala Dusun Tempuran, Bu Tri Mulyani sangaja membuat bahan-bahan itu menjadi sirup. Karena berdasar pengalaman, kalau dibuat racikan jamu anak-anak banyak yang tidak mau mengonsumsi, padahal khasiatnya bagus sekali. Kalau kami buat sirup selain rasanya segar, anak-anak juga senang,” ujar Titi.

Cara membuat sirup tersebut, kata dia, sangat mudah. Caranya temulawak yang sudah dibersihkan ditumbuk, lalu semua bahan direbus sampai mendidih. Baru setelah mendidih masukkan gula pasir, gula jawa dan gula batu terus diaduk sampai mengental.

Kalau sudah mengental rebusan tersebut disaring dan masukkan ke botol atau wadah lainnya. Dengan demikian bisa untuk dikonsumsi beberapa kali dengan aman. Untuk takaran minum, ujar dia, bisa diseduh dengan air hangat atau dingin. Takarannya untuk satu gelas diperlukan sekitar lima sendok makan sirup. Minuman segar ini bisa dikonsumsi pagi dan sore hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya