SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/google image.com)

BANTUL—Demi menjaga ekosistem air sungai di Bantul, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi DIY menebar 20.000 benih ikan di wilayah Bantul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dari jumlah benih itu, separuhnya khusus ditebar di obyek wisata Bendung Tegal, Kebonagung, Imogiri, Bantul, Jumat (2/11/2012).

Acara penyebaran benih di Bendung Tegal kemarin dihadiri Bupati Bantul, Sri Surya Widati, dan Wakil Gubernur DIY, Sri Paduka Paku Alam IX.

“Sisa 10.000 benih ikan akan disebar di wilayah lain di Kabupaten Bantul juga,” kata Kabid Perikanan DKP DIY,  Suharman Padmosuwiryo.

Suharman menjelaskan, selain menjaga kelestarian, penebaran 20.000 benih ikan itu juga bertujuan untuk  meningkatkan sumber daya perairan tawar sekaligus meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat.

Jika ikan-ikan itu sudah mencapai umur yang layak dikonsumsi, masyarakat hanya diperbolehkan mengambil dengan cara memancing.

Maka itu, melalui DKP Bantul, Suharman menginstruksikan perlunya pemberdayakan kelompok masyarakat pengawas.

Dengan demikian, penangkapan ikan menggunakan setrum, jaring, dan racun dapat diminimalisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya