SOLOPOS.COM - Striker Timnas Indonesia U-23, Irfan Jauhari (kiri) dan Egy Maulana Vikri (kedua kiri), bersama rekan-rekannya merayakan gol yang dicetak gawang Timnas Timor Leste U-23 dalam laga Grup A cabang sepak bola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022). Setelah menang 4-1 atas Timor Leste, Indonesia akan menghadapi Filipina di stadion yang sama pada Jumat (13/5/2022) sore WIB. (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA—Sore ini Tim nasional Indonesia U-23 bakal menghadapi Thailand pada laga semifinal sepak bola putra SEA Games 2021.  Pertandingan akan digelar di Stadion Thien Tru’ong, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022), mulai 16.00 WIB. Laga ini akan disirakan langsung RCTI dan iNews dengan kick-off pukul 16.00 WIB.

Skuat Garuda Muda lolos ke semifinal dengan status runner-up Grup A. Egy Maulana Vikri dkk hanya sekali kalah melawan Vietnam di laga pertama babak penyisihan grup. Tiga laga selanjutnya selalu menang dan dengan mencetak banyak gol.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Timnas Indonesia U-23 dengan sembilan poin menempati urutan kedua klasemen Grup A, di belakang Vietnam yang mengoleksi 10 poin. Sementara, Thailand yang tergabung di Grup B, bersama Malaysia, Singapura, Kamboja dan Laos, lolos semifinal sebagai juara grup dengan sembilan poin. Sedangkan posisi runner-up diisi Malaysia dengan delapan angka.

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Terus Dipersiapkan, Ini Fokus Latihan Mereka

Ekspedisi Mudik 2024

“Untuk lawan Thailand, kami memang harus benar-benar fokus pada pertandingan. Karena Thailand ini salah satu tim terbaik di Asia Tenggara,” kata Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) dikutip dari laman PSSI.

Shin Tae-yong tak bisa mengandalkan Asnawi Mangkualam di lini pertahanan sayap kanan ketika menghadapi Thailand karena akumulasi kartu kuning. Absennya pemain Ansan Greeners ini bisa menjadi celah bagi lawan.

Mengenai pemain pengganti Asnawi, juru taktik asal Korea Selatan tersebut tak mau memberikan bocoran. Tetapi, jika melihat dari 20 pemain yang dibawa Shin Tae-yong ke Vietnam, pemain yang posisinya sama dengan Asnawi adalah Ilham Rio Fahmi.

Baca Juga: Indonesia U-23 Lolos ke Semifinal SEA Games 2021, Ini Calon Lawannya

Di sisi lain, skuad Merah-Putih ini juga mendapatkan kabar gembira. Saddil Ramdani yang absen di dua laga (lawan Filipina dan Myanmar) kembali bergabung dengan skuad asuhan Shin Tae-yong.

Seusai pertandingan melawan Vietnam dan Timor Leste, Saddil pulang ke Malaysia untuk memperkuat klubnya Sabah FC. Dia dijadwalkan tiba di Vietnam pada Rabu.

Meski begitu, Shin Tae-yong belum bisa memastikan apakah sang pemain ini akan dimainkan atau tidak melawan Thailand. Ia akan melihat kondisi dari Saddil terlebih dahulu.

Baca Juga: Resmi! Indonesia U-23 Bertemu Thailand di Semifinal SEA Games 2021

Ini adalah kali kedua STY akan berhadapan dengan Thailand. Terutama dengan pelatih Alexander Polking. Pertemuan pertama, terjadi di final Piala AFF 2020. Kala itu, Indonesia kalah dengan agreggat 2-6.

“Kami memang kalah oleh Thailand di final Piala AFF 2020, tetapi situasi saat ini berbeda. Ini turnamen untuk U-23 dan kami sudah melakukan persiapan yang cukup baik untuk melawan Thailand,” ujar dia menambahkan.

Di atas kertas, dalam lima pertemuan terakhir kedua tim, Thailand lebih unggul dibandingkan Indonesia. Negeri Gajah Putih tersebut meraih tiga kemenangan, sekali kalah dan sekali imbang.

Baca Juga: Jelang Thailand vs Indonesia, STY: SEA Games Beda dengan Piala AFF

Pelatih dari Thailand, Alexandre Polking mengatakan Indonesia adalah tim terkuat di SEA Games ke-31 ini. Salah satu alasannya adalah mereka sudah berlatih bersama selama enam pekan, dan beberapa di antaranya pernah bermain di Piala AFF 2020 lalu.

Namun, Polking mengaku sudah menyiapkan strategi khusus melawan Indonesia.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Prediksi Skor Indonesia vs Thailand Semifinal Sea Games: Preview, H2H

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya