SOLOPOS.COM - Ilustrasi aktivitas Stasiun Purwosari Solo (JIBI/Solopos/Burhan Aris Nugraha)

Solopos.com, SOLO — Jadwal kereta api (KA) penumpang lokal dan jarak jauh dari dan menuju Solo dan sekitarnya berubah per 1 Juni 2014.

KA lokal yang dimaksud adalah Prambanan Ekspres (Prameks) rute Stasiun Solo-Kutoarjo PP, Sriwedari AC rute Stasiun Solo-Jogja PP, Sriwedari Tambahan rute Stasiun Solo-Kutoarjo PP, Madiun Jaya (Manja) rute Stasiun Madiun-Solo-Jogja PP, dan Sidomukti rute Stasiun Solo-Jogja PP.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan perubahan jadwal KA jarak jauh dialami beberapa KA yakni Argo Dwipangga rute Stasiun Solo-Jakarta PP, Senja Utama Solo rute Stasiun Solo-Jakarta PP, Senja Utama Jogja rute Stasiun Jogja-Jakarta PP, KA Bogowonto rute Stasiun Jogja-Jakarta PP, KA Malioboro Expres rute Stasiun Jogja-Malang PP.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta memberlakukan jadwal baru berdasarkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2014. Gapeka 2014 itu menggantikan Gapeka 2013 yang berlaku sejak 1 Maret 2013 hingga 31 Mei 2014.

Manajer Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Bambang Setiyo Prayitno, menyampaikan perubahan jadwal menyikapi permintaan pasar dan  kebutuhan masyarakat terhadap jasa transportasi KA.

Perubahan Gapeka berdasarkan Peraturan Dirjen Perkeretaapian No. KA.407/SK.162/DJKA/4/14 tentang Grafik Perjalanan Kereta Api Tahun 2014 dan kontrak PT KAI (Persero) dengan Dirjen Perkeretaapian No. HK.201/A.104/DJKA/4/14 dan HK.223/IV/I/KA-2014 pada 25 April 2014 tentang Pelaksanaan Gapeka Tahun 2014.

“Kami melakukan evaluasi perubahan jadwal perjalanan secara berkala. Sehingga PT KAI memberlakukan jadwal perjalanan baru per 1 Juni. Perubahan Gapeka untuk lebih meningkatkan keselamatan, keamanan, dan kelancaran pengoperasian KA di wilayah Jawa dan Sumatra,” kata Bambang saat dihubungi Espos, Jumat (16/5/2014).

Sinergi Wilayah

Bambang menerangkan perubahan Gapeka merupakan suatu sistem atau keterkaitan antara perjalanan KA di semua wilayah di Pulau Jawa dari ujung timur hingga barat. Yakni dari Stasiun Banyuwangi, Surabaya hingga Jakarta, Bandung, dan lain-lain. Sehingga memerlukan kecermatan memenuhi permintaan pasar.

Bambang juga menyampaikan terdapat penambahan sejumlah KA pada Gapeka 2014 dibanding Gapeka 2013. Jumlah KA penumpang jarak jauh di Jawa bertambah dari 138 KA pada Gapeka 2013 menjadi 182 KA di Gapeka 2014. Demikian hal KA barang dari 98 KA pada Gapeka 2013 menjadi 113 KA pada Gapeka 2014.

“Khusus KA tujuan Jakarta terjadi perubahan keberangkatan pada hampir seluruh KA. Hal ini menghindari traffic padat perjalanan KA di lintas Jabodetabek pada jam-jam sibuk,” imbuh Bambang.

Dia mengimbau calon penumpang melihat jadwal kereta api di stasiun KA terdekat, website resmi PT KAI, atau menghubungi contact center di 121. Dia juga mengingatkan calon penumpang lebaran berhati-hati dan mawas melihat jadwal keberangkatan KA yang tertera di tiket. Hal itu karena keberangkatan KA lebaran sesuai perubahan jadwal pada Gapeka 2014.

Perubahan Jadwal KA Per 1 Juni

Kereta Api Rute Keberangkatan Lama
Argo Dwipangga Stasiun Solo-Jakarta PP 20.00 WIB
Senja Utama Solo Stasiun Solo-Jakarta PP 18.00 WIB
Senja Utama Jogja Stasiun Jogja-Jakarta PP 18.30 WIB
Bogowonto Stasiun Jogja-Jakarta PP 07.35 WIB09.45 WIB.
Malioboro Ekspres Stasiun Jogja-Malang PP 22.15 WIB

Sumber: Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta. (shy)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya