SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Solopos.com, SOLOJadwal kereta api (KA) Solo-Jogja bertambah, menyusul dioperasikannya kereta api (KA) baru. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VI/Yogyakarta, resmi mengoperasikan Kereta Api Joglo Ekspres rute Solo-Jogja, Senin (22/12/2014).

Jadwal KA Solo-Jogja yang beroperasi hingga Senin (5/1/2015) tersebut, berangkat dari Stasiun Balapan Solo pukul 06.15 WIB dan kembali ke Solo dari Stasiun Tugu Jogja pukul 08.15 WIB. Harga tiket kereta berpendingin udara ini dipatok Rp20.000 untuk sekali perjalanan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kereta tambahan Joglo Ekspres relasi Solo Balapan-Tugu Jogja PP dioperasikan selama 17 hari.  Tujuannya untuk mendukung masa posko angkutan Natal 2014 dan Tahun Baru 2015,” kata Bambang S. Prayitno, Manager Corporate Communication PT. KAI (Persero) Daop VI/Yogyakarta, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (21/12/2014).

Bambang mengutarakan kereta tambahannya memanfaatkan rangkaian Kereta Api New Jaka Tingkir yang berkapasitas 608 penumpang. Kereta buatan PT Inka tersebut dibuat dengan komposisi enam rangkaian kereta api reguler (masing-masing 80 kursi) dan dua rangkaian kereta bagi penumpang difabel (masing-masing 62 kursi).

“KA idle ini diharapkan bisa melayani kebutuhan transportasi masyarakat pada masa liburan. Kami memprediksi akan terjadi lonjakan penumpang kereta lokal sampai 14%,” jelasnya.

Menurut Bambang, kereta tambahannya akan menggunakan tarif kereta komersial nonsubsidi. “Karena ini tambahan, kami memberlakukan kereta tarif kereta komersial. Apabila ke depan animo masyarakat cukup baik, kami akan mengusulkannya ke pusat sebagai kereta reguler untuk membantu mencukupi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya