Tutup Iklan
JADWAL KA BERUBAH: Per 1 April, Jadwal KA Berubah

SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta melakukan perubahan jadwal perjalanan kereta api (KA) mulai 1 April mendatang. Dari total 38 jadwal perjalanan, 28 jadwal perjalanan berubah.

Pejabat Humas PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Sri Winarto mengatakan sebanyak 17 jadwal perjalanan dari Jogja maupun Solo maju selama delapan menit hingga 109 menit. Sementara 11 jadwal perjalanan lainnya mundur dari enam menit hingga 123 menit. Jadwal keberangkatan kereta itu di antaranya berasal dari Stasiun Solo Balapan, Jogja, Solo Jebres, Madiun, Malang, Jakarta Gambir, Jakarta Pasar Senen, Bandung dan Banyuwangi.

“Grafik perjalanan kereta (Gapeka) di Jawa dan Sumatra itu selalu dievaluasi setiap tahun sekali. Upaya tersebut dievaluasi untuk meningkatkan keamanan, keselamatan, serta perbaikan sarana prasarana kereta api (KA),” ujarnya saat ditemui wartawan di Stasiun Balapan, pekan lalu.

Pada tahun ini, lanjutnya, acuan operasional perjalanan KA habis pada 31 Maret 2013. Jadwal keberangkatan baru itu dievaluasi melalui persetujuan dari pemerintah. Tahun ini, PT KAI juga memperpendek waktu jarak tempuh kereta dari Solo ke Jakarta PP. Jika dahulu kecepatan maksimal hanya 60-70 km/jam, saat ini kecepatan maksimal sudah mencapai 80-100 km/jam.

Winarto mencontohkan waktu tempuh KA Senja Bengawan jurusan Solo-Jakarta saat ini mencapai 9 jam 40 menit. Sebelumnya, waktu tempuh kereta ekonomi ini mencapai 11 jam 33 menit.

“Rata-rata pemangkasan waktu tempuh kereta sekitar 30 menit hingga 90 menit. Caranya dengan dukungan pola operasi dan pembatasan pemberhentian kereta,” jelasnya.

Untuk mendukung komitmen tersebut, pihaknya juga mempersiapkan sarana dan prasarana penunjang seperti rel dan kereta. Upaya perbaikan itu dilakukan baik untuk angkutan penumpang maupun angkutan barang.

Selain didukung pola operasi yang efektif, rel jalur ganda antara Kutoarjo hingga Solo Balapan ini juga sangat membantu. Tahun ini, PT KAI Daops VI menambah empat jadwal perjalanan kereta penumpang. Total jadwal perjalanan kereta di Daops VI ini mencapai 38 jadwal perjalanan. Sedangkan untuk kereta barang juga ditambah sebanyak 15 jadwal perjalanan. Di pulau Jawa, PT KAI juga menambah 100 lokomotif dan 1.200 gerbong baru.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom

Pasang Baliho