Jadwal Berubah, Uji Publik Diundur Awal Februari
Logo KPU (Dok/JIBI)

Uji publik sedianya digelar Jumat (26/1/2018)

Solopos.com, GUNUNGKIDUL-KPU Gunungkidul memastikan jadwal uji publik tentang daerah pemilihan (dapil) yang sedianya digelar Jumat (26/1/2018) mengalami perubahan. Kepastian ini tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No.5/2018 tentang perubahan PKPU No.7/2017 tentang Tahapan Pemilu 2019.

Ketua KPU Gunungkidul M Zaenuri Ikhsan mengatakan, penundaan uji publik tentang dapil dilakukan karena perintah KPU Pusat. Sebagai gantinya, KPU Gunungkidul telah menyiapkan beberapa kegiatan seperti konsolidasi dengan kecamatan tentang rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), juga ada bimbingan teknis dengan KPU DIY tentang verifikasi faktual partai politik.

Menurut dia, perubahan jadwal uji publik tertuang dalam PKPU No.5/2018 tentang Tahapan Pemilu 2019. Di dalam peraturan itu diterangkan jika uji publik tentang dapil diselenggarakan awal Februari. “Kami sudah menerima PKPU perubahan tahapan pemilu. Rencananya uji publik dapil akan digelar pada 8 Februari mendatang,” kata Ikhsan, Kamis (25/1/2018).

Ditambahkannya, dalam PKPU No.5/2018 tidak hanya membahas masalah uji publik, tapi juga tahapan verifikasi faktual partai lama dan pelaksanaan tes tertulis untuk calon anggota PPK. “Untuk verifikasi faktual dilakukan pada 6 Februari dan 7 Februari dilaksanakan tes tertulis calon anggota PPK,” ungkapnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho