SOLOPOS.COM - Foto perdana Wonder Woman. (Istimewa/Twitter)

PBB menobatkan Wonder Woman sebagai duta besar kehormatan pada Jumat (21/10/2016).

Solopos.com, JAKARTA — Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menobatkan tokoh fiksi superhero terkenal dalam komik, Wonder Woman, sebagai duta besar (dubes) kehormatan untuk memperjuangkan kesetaraan gender, Jumat (21/10/2016) waktu Amerika Serikat (AS).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Keputusan PBB itu mengundang kritik karena pemilihan karakter fiksi dinilai bukanlah pilihan yang layak. Seperti dikutip antaranews.com dari Reuters, Sabtu (22/10/2016), hampir 1.000 orang menandatangani petisi online berisi permintaan kepada Sekjen PBB Ban Ki-moon untuk mempertimbangkan kembali pemilihan Wonder Woman.

“Kendati pencipta aslinya berniat agar Wonder Woman memperlihatkan perempuan pejuang yang kuat dan independen dengan membawa pesan feminis, pada kenyataannya penampilan karakternya saat ini adalah berdada besar, perempuan kulit putih yang memiliki postur tubuh terlalu sempurna, berpakaian minim, dengan baju yang mengilap dan ketat memamerkan paha,” demikian bunyi petisi tersebut.

Puluhan karyawan PBB bahkan berunjuk rasa dengan melakukan aksi diam di beranda ruang pengunjung PBB. Salah seorang dari mereka mengusung tulisan: “Para perempuan berhak mendapatkan duta yang nyata”.

Namun, PBB berkukuh menganggap Wonder Woman menyimbolkan komitmen wanita kepada keadilan, perdamaian, dan kesetaraan.

“Wonder Woman adalah ikon. Kami sangat mengharapkan karakter ini membantu kami merengkuh audiens baru dengan pesan penting mengenai pemberdayaan dan kesetaraan,” kata kata Wakil Sekjen PBB Cristina Gallach.

PBB berharap pemilihan tokoh fiksi ini menarik perempuan muda untuk berkampanye bagi pemberdayaan di bawah slogan “Bayangkan Semua Keajaiban yang Bisa Kita Lakukan”.

Wonder Woman ciptaan DC Comics Inc. kali pertama muncul pada 1942. Dia memerangi penjahat, menolong korban, dan memutus mata rantai kejahatan.

Hadir dalam penobatan Wonder Woman, Jumat, adalah aktris Lynda Carter yang memerankan sosok itu dalam serial televisi 1970-an, serta aktris Gal Gadot yang memerankan tokoh Wonder Woman di film yang akan dirilis tahun depan.

Carter menyebut karakter Wonder Woman cerdas, cantik, kuat, bijaksana, dan berani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya