Jadikan Siswi SMP di Pati Budak Seks, Pelaku Diancam 15 Tahun Penjara

Pelaku pemerkosaan dan penyekapan yang menjadikan siswa SMP di Pati sebagai budak seks terancam hukuman 15 tahun penjara.

Senin, 15 Agustus 2022 - 22:10 WIB Editor: Imam Yuda Saputra | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, menunjukkan bukti penyekapan dan pemerkosaan yang dilakukan pria asal Pati terhadap siswa SMP selama berbulan-bulan saat jumpa pers di Mapolres Pati, Senin (15/8/2022). (Solopos.com-Humas Polda Jateng)

Solopos.com, PATI — Aparat Polres Pati telah meringkus PH alias Banyak, 23, pelaku pemerkosaan dan penyekapan yang menjadikan siswi SMP di Pati sebagai budak seks. Pelaku pun terancam hukuman maksimal 15 tahun dan denda Rp5 miliar.

Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, dalam siaran pers yang diperoleh Solopos.com, Senin (15/8/2022) malam, menyebutkan jika PH telah ditangkap saat berada di Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (13/7/2022). Ia ditangkap saat berada di kapal ikan dengan tujuan perairan Papua.

Christian mengatakan kasus penyekapan dan pemerkosaan siswi SMP di Pati ini sempat menghebohkan pulik. Bahkan, Menteri Sosial, Tri Rismaharini, sempat menjenguk siswi SMP di Pati yang menjadi budak seks pelaku selama berbulan-bulan hingga hamil.

Kasus ini terungkup awal Agustus lalu saat korban berinisial NIM ditemukan dalam kondisi yang mengenaskan di rumah pelaku, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati. Saat ditemukan korban terlihat tak terawat, kurus, dan tengah hamil.

Sebelum mengalami peristiwa tragis itu, korban pun sempat dilaporkan hilang pada bulan Mei lalu. Rupanya, selama berbulan-bulan menghilang itu siswi SMP di Pati itu menjadi budak seks pelaku berinisial PH.

Baca juga: Ditangkap! Ini Tampang Pemerkosa Remaja SMP “Budak Seks” Pati

Christian menyebut korban dan pelaku berkenalan pada April 2022 melalui aplikasi percakapan di telepon seluler. “Saat itu korban masih belajar daring dan dibekali HP oleh orang tua. Kemudian, ia berkenalan dengan tersangka dan berlanjut tersangka datang ke rumah korban saat orang tua korban pergi bekerja,” ujar Kapolres Pati.

Sejak saat itu, pelaku pun terus menjalin komunikasi dengan korban. Hingga akhirnya, pelaku pun menjemput korban dan dibawa ke rumahnya. Di rumah pelaku, siswi SMP di Pati ini pun menjadi diperkosa dan disekap hingga menjadi budak seks pelaku selama berbulan-bulan.

“Suatu saat korban ingin pulang, tetapi korban mengaku dipukuli tersangka sehingga korban tidak berani meminta pulang lagi,” ucap Christian Tobing.

Penyekapan ini pun terjadi selama hampir empat bulan. Orang tua korban yang terus mencari keberadaan pelaku akhirnya mendapat informasi jika anaknya disekap di rumah pelaku.

Baca juga: Fix! Lapangan Pringgodani Wonogiri Jadi Lokasi Upacara Kemerdekaan RI

Akhirnya pada 31 Juli 2022 sekitar pukul 18.30 WIB, korban ditemukan orang tua dalam kondisi kurus, sakit, dan tak terawat di rumah pelaku. Namun, pelaku sudah lebih dulu kabur hingga akhirnya diringkus aparat Polres Pati di wilayah NTT.

Kapolres Pati menyebutkan pelaku dijerat Pasal 81 ayat 1 jo Pasal 76D atau ayat 2 UU No. 17/2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No.1/2016 tentang Perubahan Kedua atas UU No.23/2002 tentang Perlindungan Anak.

“Ancaman hukuman paling singkat lima tahun dan paling lama 15 tahun penjara dan denda paling banyak Rp5 miliar,” ujarnya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE jateng Wisatawan ke Borobudur Mencapai 1,2 Juta Orang 1 jam yang lalu

HEADLINE jateng Beli Oli Yamalube, Warga Jebres Solo Raih Yamaha Aerox 2 jam yang lalu

HEADLINE jateng Menengok Gedung Sarekat Islam di Semarang yang Didirikan Tokoh Pendiri PKI 6 jam yang lalu

HEADLINE jateng Potret Destinasi Wisata di Jateng Dipamerkan di Kota Lama Semarang 7 jam yang lalu

HEADLINE jateng Driver Ojol Semarang Dikeroyok saat Antre BBM di SPBU Dapat Donasi Rp43 Juta 16 jam yang lalu

HEADLINE jateng DPRD Kota Semarang Sentil Pembangunan RSUD Mijen, Harus Rampung Tahun Ini 17 jam yang lalu

HEADLINE jateng Keseruan Acara Solopos Goes to Campus 2022 di Udinus Semarang 17 jam yang lalu

HEADLINE jateng Gagalkan Aksi Perampokan, Kadus di Semarang Tertusuk Pisau 21 jam yang lalu

HEADLINE jateng Rekan Jadi Tersangka Pengeroyokan, Ratusan Driver Ojol di Semarang Gelar Aksi 22 jam yang lalu

HEADLINE jateng Hore, FO Ganefo Selesai Dibangun, Oktober Sudah Bisa Digunakan 22 jam yang lalu

HEADLINE jateng Wakil Rektor Udinus: Solopos Goes to Campus Selaras dengan Program Kampus 23 jam yang lalu

HEADLINE jateng Solopos Goes to Campus 2022: Pimred Solopos Bagi Pengalaman ke Mahasiswa Udinus 1 hari yang lalu

HEADLINE jateng Solopos Goes to Campus 2022: Sutradara Mas Mus Motivasi Mahasiswa Udinus 1 hari yang lalu

HEADLINE jateng Solopos Goes to Campus 2022 di Udinus Semarang Disambut Antusiasme Tinggi 1 hari yang lalu

HEADLINE jateng Tahukah Anda? Kilang Minyak Cilacap Terbesar di Indonesia lo... 1 hari yang lalu