Kategori: Jateng

Jadi Zona Merah Covid-19, Salatiga Tambah 51 Kasus Positif Hari Ini


Solopos.com/Imam Yuda Saputra

Solopos.com, SALATIGA – Kota Salatiga saat ini masuk kategori zona merah Covid-19. Penambahan kasus Covid-19 yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir membuat status Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) berubah.

Kota Salatiga yang semula masuk kategori zona kuning atau tingkat persebaran Covid-19 sedang, kini beralih menjadi zona merah. Berdasarkan grafik yang ditampilkan situs web covid19.go.id/petarisiko per 13 Desember 2020, total ada 17 daerah di Jateng yang masuk kategori zona merah Covid-19. Dari 17 kabupaten/kota itu Salatiga salah satunya.

Wadaw! Salatiga Zona Merah Covid-19

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengatakan per Selasa (15/12/2020) ini ada penambahan 51 kasus positif Covid-19. Dari semua kasus itu, sumbangan terbanyak berasal dari klaster SMAN 2 Salatiga.

“SMA Negeri 2 menerapkan work from home [WFH] karena ada 14 orang yang dinyatakan positif dari hasil swab pekan lalu, tanggal 5 dan 7 Desember. Hasilnya baru keluar hari ini. Jadi masuk data hari ini,” ujarnya.

Dengan tambahan 51 kasus itu, saat ini kumulatif Covid-19 di Salatiga tercatat 1.153 kasus. Perinciannya, 364 orang menjalani isolasi, 765 pasien dinyatakan sembuh dan 24 orang meninggal dunia.

Cek! Ini Fakta di Balik Video Viral Dinosaurus Turun dari Truk & Ngamuk di Magetan

Dia juga membenarkan status Salatiga yang sudah masuk kategori zona merah Covid-19. Penetapan itu tak terlepas dari persebaran kasus Covid-19 yang sudah merata di 23 kelurahan.

"Ini sudah zona merah karena semua kelurahan sudah terpapar. Ini ada klaster keluarga, klaster tempat kerja, dan kegiatan-kegiatan. Informasi sudah diteruskan ke kecamatan dan kelurahan agar menjadi perhatian serius warga Salatiga," jelas Yuliyanto.

Bengawan Solo Meluap, Ganjar: Semua Kepala Daerah Siapkan Pengungsian!

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga, Siti Zuraidah, membenarkan penetapan status Salatiga sebagai zona merah atau risiko persebaran Covid-19 tinggi.

Oleh karenanya, ia pun mengimbau masyarakat untuk lebih disiplin dan waspada menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Iya, sudah zona merah. Kemarin terakhir saya lihat RT-nya [angka reproduksi Covid-19] sudah berada di angka 2,” tutur Siti.

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita