Jadi Zona Hijau Covid-19, Salatiga Malah Tambah 4 Kasus Positif
Para penyedia jasa transportasi umum tengah menjalani rapid test di Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (12/6/2020). (Semarangpos.com – Humas Pemkot Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA – Kasus baru positif Covid-19 di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), kembali bertambah, Selasa (23/6/2020), atau setelah kota itu dinyatakan sebagai zona hijau. Dikutip dari laman covid.bappenas.go.id, Selasa (23/6/2020), Salatiga saat ini telah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19.

Status zona hijau itu menyusul angka potensi penularan atau reproduksi efektif (RO) Covid-19 di Kota Salatiga yang berada di bawah 1, atau tepatnya 0,870. Kendati demikian, penambahan kasus positif di Kota Salatiga tetap terjadi. Bahkan per Selasa ada penambahan empat kasus positif Covid-19 di Salatiga.

Ini Kondisi Gunung Merapi Setelah Gempa Pacitan

“Empat kasus baru [ positif Covid-19 Salatiga ] itu masing-masing perempuan usia 52 tahun dan laki-laki usia 52 tahun asal Kelurahan Sidorejo Kidul. Sedangkan dua lainnya, perempuan usia 40 tahun dan laki-laki usia 41 tahun dari Kutowinangun Kidul,” ujar Kepala Dinkes Kota Salatiga, Siti Zuraidah, Selasa sore.

Zuraidah mengungkapkan empat kasus baru itu diperoleh dari hasil swab test yang digelar di beberapa daerah yang dianggap rawan persebaran Covid-19. Dia mengatakan akan terus melakukan tes secara masif untuk mendeteksi warga yang terinfeksi.

Getaran Gempa M5,0 Bangkitkan Trauma Gempa Klaten 2006

Karena itu dia tidak mempermasalahkan penambahan kasus baru positif Covid-19 meski status Kota Salatiga telah menjadi zona hijau. Pasalnya, yang lebih penting adalah menemukan orang terinfeksi dan mencegahnya menular lebih luas.

“Dari hasil swab itu kita temukan pasien positif. Kita akan terus lakukan tes secara masif untuk mendeteksi penularan Covid-19. Harapan kami yang ditemukan segera bisa kita tangani dan penularan tidak meluas,” tutur Zuraidah.

Salatiga Zona Hijau, Tapi Masih Ada 30 Kasus Positif

Selain ada penambahan empat kasus positif Covid-19, Zuraidah juga mengumumkan adanya tiga pasien lain di Salatiga yang telah dinyatakan sembuh.

70 Kasus

Dengan demikian, hingga saat ini total kasus positif Covid-19 di Salatiga mencapai 70. Perinciannya, 31 pasien masih dirawat, dan pasien sembuh mencapai 39 orang atau sekitar 55,71% dari total kasus.

Kedapatan Tak Pakai Masker Bareng Puluhan Anak, Ketua KPK: Saya Pakai 3

“Selain penambahan pasien positif dan sembuh, kita juga mengumumkan adanya satu PDP yang meninggal dunia tadi malam [Senin, 22 Juni 2020]. PDP ini baru masuk rumah sakit tadi malam dan meninggal. Sebelumnya, dia pernah dirawat di Majenang. Hasil swab-nya belum diketahui,” tutur Zuraidah.

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Salatiga, Yuliyanto, meminta masyarakat tidak terlena dengan status zona hijau Covid-19. Menurutnya, Salatiga belum sepenuhnya aman dari persebaran virus corona, terbukti masih munculnya kasus baru positif Covid-19.

John Kei Divonis 16 Tahun Atas Kasus Pembunuhan, Cuma Dibui 6 Tahun

Oleh karenanya, ia pun meminta masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
“Memang kita masuk zona hijau. Tapi, jangan gegabah sehingga terbawa euforia. Kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19,” tutur Wali Kota Salatiga itu.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom