Kategori: Bola

Jadi Salah Satu Bos Persis Solo, Hadiah Ultah ke-27 Kevin Nugroho


Solopos.com/Chrisna Chaniscara

Solopos.com, SOLO-- Kevin Nugroho tampak semringah saat diperkenalkan sebagai salah satu bos anyar Persis. Diketahui Direktur PT Plevia Makmur Abadi itu telah menanti sejak 2019 untuk dapat mengakuisisi Persis. Dua tahun lalu dia bersama Erick Thohir sempat menjajaki pembelian saham PT PSS.

“Sebetulnya tahun 2019 Mas Kaesang juga sudah bareng sama kami, tapi saat itu belum jodoh. Ya kami tunggu, terbukti jodoh enggak ke mana,” ujar Kevin yang akan berusia 27 tahun pada Selasa (23/3/2021).

Kejutan muncul di pemilik saham 20% yakni Erick Thohir. Pembelian 20% saham Persis menjadi penanda Erick kembali ke industri sepak bola setelah sebelumnya sempat menjadi bos Inter Milan.

Baca Juga: Mau Bikin Persis Solo Kuat, Eko Purdjianto Beri Sinyal Boyong Para Pemain Liga 1 Ini

Selain Persis, Erick baru saja membeli saham klub Inggris, Oxford United. Erick sendiri menempatkan putranya, Mahendra Agakhan Thohir, sebagai Komisaris PT PSS. Aga mengaku merasa spesial lantaran Solo tak lepas mewarnai sejarah keluarganya.

“Kakek saya pertama merantau ke Solo, saat masih SMEA. Saya ingin mengikuti jejak bapak dan kakek untuk mempersiapkan industri olahraga, dimulai dari Solo. Saya siap belajar,” ujar Aga.

Baca Juga: Manchester City Lolos Ke Semifinal Piala FA Berkat Dua Gol Menit-Menit Akhir

Pelunasan Janji

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, tampak puas bisa “mengantar” Persis bertemu dengan investor baru. Gibran mengatakan hal itu sebagai pelunasan janji kampanyenya yakni membangunkan Persis dari tidur panjang.

“Dulu saya janji enggak akan menelantarkan Persis. Saya ingin Persis dikelola oleh profesional. Enggak mudah lho mencari owner baru Persis dengan keadaan klub dulu yang seperti itu. Mereka ini [pemilik baru] sebenarnya gambling [berjudi]. Namun saya yakin Persis bisa segera promosi ke Liga 1 sebelum usia satu abad [2023].”

Baca Juga: Dramatis, Gol Penjaga Gawang Selamatkan Sevilla Dari Kekalahan Dari Vallodolid

Setelah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT PSS di Hotel Alila Solo, Sabtu pagi, komposisi kepemilikan menempatkan Kaesang sebagai pemilik saham terbanyak dengan 40%.

Dalam forum itu Kaesang sekaligus didapuk sebagai Direktur Utama. Pengusaha jas hujan asal Solo, Kevin Nugroho, memiliki 30% saham dan berposisi Komisaris Utama di perseroan. Adapun Menteri BUMN, Erick Thohir, mengakuisisi 20% saham. Dia menempatkan putranya, Mahendra Agakhan Thohir, sebagai Komisaris di PT PSS.

Disinggung susunan manajemen yang belum terbentuk, Kaesang berjanji akan merampungkan dalam waktu dekat. Dia memberi sinyal akan ada kombinasi kalangan muda dan berpengalaman dalam manajerial klub. “Ini bukan masalah tua dan muda, yang penting punya kapasitas dan kemauan untuk membesarkan Persis,” ujar Kaesang.

Share
Dipublikasikan oleh
Anik Sulistyawati